Jenis-Jenis Keyboard

fungsi keyboard keyboard serial

Jenis-Jenis Keyboard– Mayoritas orang hanya mengetahui keyboard dalam bentuk Qwerty dan hanya minoritasnya saja yang mengetahui bahwa ada begitu banyak jenis-jenis keyboard.

Keyboard merupakan salah satu barang wajib untuk perlengkapan diberbagai kantor yang termasuk aset penting pada perangkat komputer. Keyboard adalah papan yang berisikan macam tombol dengan fungsi yang berbeda.

Fungsi utama dari keyboard ialah memiliki peran untuk mengirimkan perintah dari setiap huruf, angka dan simbol yang kita ketik hingga tersampaikan pada CPU. Kemudian perintah tersebut akan menjadi sinyal digital yang dimengerti oleh prosesor.

Nah, kemudian apa saja jenis-jenis keyboard yang ada. Lalu apakah setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda?. Yuk simak pembahasannya.

Jenis Jenis Keyboard

1. Keyboard Qwerty

jenis-jenis keyboard beserta gambarnya

Keyboard Qwerty merupakan jenis-jenis keyboard yang paling populer digunakan hingga saat ini. Keyboard Qwerty dibuat oleh Scholes, Glidden dan Soule pada tahun 1878 dan menjadi standard mesin ketik yan dikomersialkan pada tahun 1905.

Pada awal sebelum dikomersialkan, keyboard ini belum memiliki urutan Qwerty seperti sekarang. Kemudian Scholes merasa bingung diawal pemakaiannya, dikarenakan letak tuts yang begitu dekat.

Akhirnya, Scholes mengutak-atik kembali dan mengacak letak huruf hingga ditemukannya urutan yang nyaman yakni Qwerty. Nama Qwerty diambil berdasarkan 6 huruf berurutan, pada baris kedua dari alfanumerik pada keyboard ini.

Lihat Juga: Aplikasi Pengolah Kata

2. Keyboard Dvorak

jenis-jenis keyboard dan fungsinya

Keyboard Dvorak dibuat pada tahun 1932, keyboard yang satu ini mempunyai urutan huruf yang disusun secara khusus dimana  70% dari penekanannya terdapat pada home row. Fungsi pada keyboard Dvorak lebih kepada mengurangi beban dan menitikberatkan ke tangan kiri.

Jenis keyboard Dvorak pertama kali ditemukan oleh Auguts Dvorak dan William Dealey, keduanya merupakan pendidik d Univ. Of washington, Seattle.

Meskipun keyboard Dvorak tidak dapat menggeser tata letak jenis keyboard Qwerty, namun tata letak keyboard Dvorak dipatenkan pada tahun 1936. Yang mana didukung oleh sistem operasi besar seperti Mac Os X, Linux, BSD bahkan Micosoft Windows.

Ulasaannya, jenis keyboard Dvorak memiliki fungsi lebih banyak menitikberatkan beban tangan kanan dibanding tangan kiri, hal tersebut lebih efisien dibanding penggunaan keyboard Qwerty sekitar 10-15%.

3. Keyboard Klockenberg

keyboard serial

Jenis keyboard Klockenberg dirancang bertujuan untuk menyempurnakan jenis keyboard Qwerty yang telah ada sebelumnya. Uniknya keyboard jenis ini memiliki bentuk spesial dengan memisahkan kedua sisi keyboard dibagian kanan dan kiri.

Kedua sisi keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat serta mengarah miring ke bawah. Tombol Klockenberg juga dirancang lebih tipis. Jenis Keyboard ini dilengkapi dengan tombol-tombol yang dibuat lebih dekat dengan meja kerja.

Fungsi utama diciptakannya keyboard Klockenberg ialah untuk mengurangi beban otot pada jari-jari pengguna serta bagian tangan dan bahu.

Dari sedi design  serta instruksi penggunaan jenis keyboard ini dianggap mampu membuat letak bahu dan tangan lebih ringan.

Sayangnya, terpisahnya bagian kiri dan kanan keyboard ini membuatnya lebih banyak memakan tempat dan ruang.

Pelajari Juga: Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

4. Keyboard Alphabetic

jenis jenis keyboard

Jenis keyboard Alphabetic dibuat menyerupai keyboard Qwerty, namun sesuai dengan namanya susuan tombol dalam keyboard ini dirancang seperti urutan huruf Alphabet.

Tentu keyboard ini tidak dapat menyaingi kepopuleran dari keyboard Qwerty dan hanya dapat sebagai bahan belajar anak.

Dengan susunannya yang sesuai urutan Alphabet, membuatnya dirasa memperlambat proses pengetikan. Meskipun begitu cukup membantu tangan pengguna yang tidak terlalu bnayak mengandalkan keyboard pada saat mengetik.

5. Keyboard Maltron

jenis keyboard yang digunakan oleh notulen rapat sidang adalahJenis Keyboard Maltron memang berbeda dari pada keyboard pada umumnya. Ia memiliki bentuk yang agak cekung ke dalam, berfungsi agar jari-jari penggunanya  dalam posisi saat mengetik tidak membentuk garis lurus dan dapat nyaman digunakan.

Produsen Maltron menjelaskan bahwa jenis keyboard ini dapat meningkatkan laju kecepatan mengetik lebih optimal  pada penggunanya.

Ia juga mengklaim bahwa keyboard Maltron bebas dari RSI (repetive Stres Injuries) dan menjamin kenyamanan jari tangan pada proses pengetikan serta terkenal sebagai keyboard yang tidak mudah rusan karena desgnnya yang fit.

6. Keyboard Ergonomik

jenis keyboard dan fungsinya

Keyboard ini bisa dikatakan sebagai keyboard stadart yang didesain seergonomik mungkin. Keyboarad ini dirancang bertujuan untut mengurangi ketengangan otot, resiko sindrom, nyeri punggung dan lainnya.

Keyboard ini umumnya berbentuk V yang memungkinkan kedua tangan berada di posisi natural saat mengetik. Keyboard ergonomis memiliki beberapa tipe diantaranya keyboard split (yang dibuat menjadi 2 bagian) dan keyboard handheld atau genggam (dibuat mirip gamepad).

Baca Juga: Aplikasi Edit Audio PC

Itulah beberapa jenis-jenis keyboard yang bisa kami rangkum dan bisa kamu beli di toko-toko pasaran. Jika kalian tahu jenis keyboard lainnya komen dibawah ya guys!

Jangan lupa share ke teman-teman kamu artikel ini agar mereka tahu informasi update seputar keyboard. Baca juga artikel seputar teknologi lainnya di carbonexpo.com.

jenis jenis keyboard gaming, jenis-jenis keyboard beserta gambarnya, keyboard maltron, jenis-jenis keyboard dan fungsinya, fungsi keyboard, keyboard serial, model keyboard yang umum dipakai saat ini adalah tipe, keyboard qwerty 

No Bootable Device

carbon
1 min read

Cara Cek Suhu Laptop

carbon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!