Emulator Android Ringan PC

3 min read

emulator android ringan untuk game

Buat kamu para gamers pasti nggak mau ketinggalan mencoba serial game android terbaru seperti PUBG Mobile, Mobile Legends, ARK Survival, Honkai Impact dan lainnya. Untuk memaksimalkan permainan, menggunakan PC saja kadang tidak cukup karena spesifikasi PC atau laptop kamu pas-pasan.

Tapi, sekarang kamu nggak perlu pusing lagi, guys. Dengan menggunakan emulator android ringan untuk PC atau laptop kamu bisa memainkan game di PC kamu, bahkan untuk PC dengan spesifikasi rendah dan untuk netbook sekalipun.

Kali ini penulis sudah merangkum 15 emulator android ringan, terbaik dan cepat untuk PC atau laptop dengan spesifikasi mulai RAM 1GB, lho. Pastinya bikin permainan game android kamu lebih nyaman dan mudah, deh.

1. NOX

emulator android ringan ram 2gb

Emulator android ringan yang penulis rekomendasikan pertama kali adalah NOX. NOX sendiri adalah emulator yang dikenal paling cepat  dan ringan, jadi, bisa banget kamu andalkan untuk bermain game sehari-hari atau untuk pekerjaan muti-tasking lainnya.

Fitur-fitur yang disediakan NOX terbilang fantastis, lho. Kamu bisa memiliki kontrol di keyboard hingga gamepad atau joystick. Jadi, tombol panah, perintah swipe ke kanan dan lainnya bisa kamu kontrol melalui keyboard atau gamepad langsung, ayik banget kan !

Enggak cukup sampai disitu, NOX juga sudah optimisasi pada prosesor AMD maupun intel dan kamu bisa menggunakannya secara gratis. Nggak heran NOX ini termasuk salah satu emulator terbesar di dunia, guys. Cocok banget deh untuk dicoba !

2. Leapdroid

emulator android ringan untuk laptop

Buat kamu yang ingin bermain game-game baru tapi terbatas dengan minimnya spesifikasi PC, nggak perlu pusing, guys. Leapdroid ini adalah salah satu emulator android ringan terbaik, yang bahkan bisa dikategorikan paling ringan yang pernah ada !

Hanya dengan ukuran sekitar 271.2MB, Leapdroid ini memiliki banyak optimasi dan tweak, jadi kamu bisa menggunakannya dengan lancar. Bahkan, kamu juga bisa memainkan dua game bersamaan secara side-by-side dalam satu tampilan, guys!

Selain itu, tampilannya yang simple tapi tetap terkesan elegan dan mewah membuat Leapdroid ini mudah untuk digunakan, bahkan secara gratis, lho.

3. Bluestacks

emulator android ringan untuk windows 7 32 bit

Kamu pasti sudah nggak asing kalau mendengar nama Bluestacks, apalagi buat kamu para gamers. Nggak heran, hal ini karena Bluestacks merupakan emulator android ringan yang banyak digunakan dan sangat diandalkan oleh para gamers dengan segudang fitur yang menarik.

Bluestacks sendiri selalu mengupdate dan mengeluarkan inovasi terbaru yang saat ini kita kenal dengan Bluestacks 4. Dengan Bluestacks 4 kamu bisa memainkan beberapa game sekaligus, lho. Emulator ini juga dilengkapi fitur keymapping, multi account, graphics super dipoles, dan lainnya.

Selain itu, Bluestacks ini bisa diunduh secara gratis dan kompatibel dengan windows dan mac, guys. Bahkan, bisa dijalankan di PC dengan spesifikasi rendah sekalipun. Nggak perlu ragu lagi deh untuk mencoba emulator satu ini !

4. Tencent Gaming Buddy

emulator android ringan adalah

Tencent Gaming Buddy atau yang kita kenal dengan TGB ini juga salah satu emulator android ringan terbaik, khususnya untuk gaming, lho.

Emulator dari Tencent ini memang ditujukan untuk bermain PUBG Mobile. Kamu bisa mengatur setting dan control dengan mudah. Jadi, nggak perlu ditanyakan lagi kestabilan dan kenyamanan bermain game yang akan kamu dapatkan dari TGB ini.

Lebih kerennya lagi, emulator ini nggak cuma bisa digunakan untuk PUBG Mobile aja, guys. Game lain seperti Mobile Legends, Arena of Valor, Honkai Impact dan lainnya juga bisa kamu mainkan dengan emulator ini. Tunggu apalagi untuk coba emlator ini guys !

5. MeMu

emulator android ringan untuk amd

MeMu merupakan emulator android ringan yang terbilang cukup baru, namun kecepatan dan kelancarannya tidak kalah dari emulator-emulator besar seperti Nox, lho. Fitur-fitur yang ditawarkan juga patut dicoba untuk bermain game atau pekerjaan multitasking lainnya.

Emulator ini sudah dilengkapi akses root dan tampilan sidebar yang lengkap dan mudah digunakan. Nilai plusnya lagi, processing support MeMu mendukung AMD dan Intel. Bahkan  juga mendukung versi Android Lollipop, Kitkat, dan Jellybean, guys.

Jadi, buat kamu pengguna prosesor AMD nggak perlu khawatir lagi karena sedikitnya emulator yang mendukungnya, emulator MeMu bisa jadi pilihan terbaikmu !

6. KO Player

aplikasi emulator android ringan

Mau coba emulator lain yang cocok untuk bermain game ? KO Player adalah emulator android ringan yang sangat penulis rekomendasikan. Pasalnya, walaupun termasuk emulator baru, KO Player telah support hampir 99% game di Playstore, guys.

Selain itu, fitur-fitur yang disediakan nggak kalah menarik dan lengkap. Kamu bisa mengatur tampilan grafik emulator seperti grafik adaptif dan resolusi. Untuk mempermudah permainanmu, kamu juga bisa menggunakan keymapping yang bisa meniru controller dengan keyboard, lho.

Mau merekam video saat bermain game ? Kerennya, emulator ini juga memanjakan kamu dengan menyediakan mode rekam. Bahkan, dengan minimal ram 512GB saja, kamu juga sudah bisa menikmati penggunaan emulator ini. Cocok banget deh, buat kamu yang punya PC atau netbook dengan spesifikasi pas-pasan !

7. AMIDuOS

emulator android ringan untuk android studio

Buat kamu yang butuh emulator android ringan yang lebih cocok untuk mengerjakan pekerjaan multi-tasking nggak perlu pusing, guys. AMIDuOS ini bisa jadi pilihan kamu, karena selain performanya yang baik, emulator ini juga mendukung multi-touch dan pinch to zoom, lho.

Kamu juga bisa memilih AMIDuOS yang sesuai dengan versi android kamu, yaitu Jellybean, dimana kamu bisa menggunakannya secara gratis, atau Lolipop yang harus digunakan secara berbayar.

8. Genymotion

emulator android yang ringan

Kabar gembira nih buat kamu para developer aplikasi, karena Genymotion ini adalah emulator android ringan terbaik yang cocok untuk kamu, lho.

Kamu bisa mengkonfigurasi emulator ini di berbagai versi android yang berbeda. Dan yang paling menarik, kamu bisa menguji aplikasi pada perangkat tanpa harus memiliki perangkat tersebut, guys.

Jadi, kamu bisa saja menjalankan Nexus 6 dengan android versi Jellybean atau Nexus One dengan android versi Marshmallow. Selain itu, emulator ini didukung dengan tampilannya yang stylish dan fitur yang lengkap, tapi tetap mudah digunakan. Keren kan ?!

9. LDPlayer

android emulator yg ringan

Bosan main game menggunakan emulator android gaming yang itu-itu melulu? Kalau begitu, LDPlayer ini adalah emulator android ringan yang harus kamu coba, deh. Karena dibuat khusus untuk main game android, kamu jadi bisa memainkan PUBG Mobile, Mobile Legends, Arena of Valor, Chess Rush dan lainnya.

LDPlayer ini juga termasuk emulator yang stabil dan cepat dengan fitur multitasking yang makin memudahkan kamu bermain dua game berbeda dalam satu tampilan. Windows. Menarik ya, guys !

10. Android Studio Emulator

emulator android paling ringan dan stabil

Emulator android ringan yang satu ini lebih ditujukan buat kamu yang ingin membuat aplikasi atau game android. Tools yang tersedia juga sangat mendukung kamu untuk mengembangkan aplikasi maupun game, lho.

Dengan Android Studio Emulator Kamu juga bisa menguji aplikasi maupun game dengan fitur built-in emulator.

Baca Juga: 3 Cara Screenshot Oppo Smartphone Semua Tipe

Itulah kesepuluh emulator android ringan terbaik untuk PC 2019 yang dapat penulis sajikan. walaupun masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, kamu tinggal memilih sesuai kebutuhanmu saja.

Dengan performa yang bagus dan fitur yang menarik, pastinya juga akan mempermudah pekerjaan atau aktifitas kamu, bahkan untuk kamu pengguna PC dengan spesifikasi rendah atau netbook sekalipun. Selamat mencoba ya, guys.

Aplikasi Adzan PC

carbon
1 min read

Aplikasi DJ Remix

carbon
3 min read

Aplikasi Slow Motion

carbon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *