Cara Mengatasi Laptop Lemot Menjadi Kencang (Windows 7, 8, 10)

4 min read

cara mengatasi laptop lemot tanpa install ulang

Cara mengatasi laptop lemot – Saat ini memang banyak orang meninggalkan PC atau komputer mereka dan beralih ke laptop yang menurut mereka lebih praktis dan mudah.

Meskipun begitu, laptop juga nggak lepas dari yang namanya permasalahan. Diantaranya adalah laptop terasa lambat atau lemot setelah sekian lama dipakai.

Mungkin beberapa di antara kamu juga pernah mengalami laptop baru lemot. Padahal kamu baru saja membelinya, entah itu windows 7, atau pada windows 10. Pernah kan?

Kenapa laptop kamu lemot? Laptop bisa juga mengalami penurunan performa walaupun spesifikasinya sudah sangat bagus. Jadi, kamu harus tahu penyebab laptop lemot itu menjadi lemot.

Penyebab Laptop Lemot:

cara mengatasi laptop lemot windows 7
cara mengatasi laptop lemot pada windows
  1. Terlalu banyak aplikasi atau software yang berjalan di background secara otomatis saat laptop diaktifkan. Hal ini menyebabkan kinerja perangkat komputer atau laptop jadi berat dan makin lambat saat booting.
  2. Umur harddisk sudah tua. Semakin tua tipe HDD tentu proses read and write berjalan lebih lama dari biasanya, dan akan mempengaruhi performa laptop secara keseluruhan.
  3. Kapasitas harddisk penuh. Bahkan seorang ahli mengatakan harddisk yang penuh hingga 95% menyebabkan kerja komputer semakin berat dan membuat laptop jadi lemot hingga 50%.
  4. Kapasitas RAM yang kecil, karenakan untuk laptop dengan harga terjangkau paling besar RAM yang dipakai biasanya sekitar 2 sampai 4GB saja.
  5. Laptop terkena virus yang dapat memperlambat bahkan sampai merusak laptop. Oleh karena itu kamu harus waspada terhadap file mencurigakan.
  6. Jarang mengupdate sistem operasi, untuk pengguna Windows ataupun MacOS. Karena seringkali update OS akan memperbaiki kekurangan yang mengakibatkan laptop menjadi lemot parah.
  7. Terlalu banyak menjalankan software dalam satu waktu, Hal ini dapat membebani sistem kerja RAM. Apalagi menjalankan software berat seperti Photoshop misalnya di RAM 4GB.
  8. Banyak tab yang dibuka di browser. Karena cukup menguras RAM laptop juga, apalagi situs yang dibuka mempunyai fitur auto-refresh.

Dengan mengetahui penyebabnya, tentunya kamu bisa mengambil langkah pertama untuk perbaikan. Siapa tau cara mengatasi laptop lemot bisa dikerjakan sendiri dirumah. Berikut adalah cara mengatasi laptop lemot.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Berikut kumpulan cara mengatasi laptop lemot. Untuk mengatasi laptop lemot khususnya para pengguna Windows, seperti Windows 7, Windows 8, dan Windows 10. Berikut caranya;

1. Uninstall Aplikasi Penyebab Lemot

cara mengatasi laptop lemot tanpa aplikasi

Saat memiliki laptop, terkadang kita menginginkan berbagai aplikasi. Namun, jika kamu terlalu banyak menginstall aplikasi, maka kapasitas penyimpanan Drive C akan menjadi sangat penuh dan mengakibatkan sistem menjadi lama membaca hard disk.

Hal ini tentunya akan mengakibatkan laptop menjadi sangat lemot. Cara mengatasi paling ampuh yaitu dengan uninstall aplikasi yang jarang digunakan atau tidak terpakai.

Kamu bisa cek aplikasi yang jarang terpakai dan aplikasi yang tidak sengaja terinstall saat melakukan browsing.

Gunakan saja aplikasi yang kamu kebutuhan, karena sayang sekali jika sampai memori penuh karena aplikasi yang menganggur atau tidak digunakan. Hal inilah yang menyebabkan Laptop menjadi lemot parah.

2. Mengganti Harddisk (HDD) Menjadi SSD

cara mengatasi laptop lemot setelah update windows

Apabila ternyata permasalahan disebabkan oleh harddisk (HDD), hal yang harus kamu lakukan adalah melakukan proses defrag, guna untuk menyegarkan kembali performa laptop.

Kalau cara ini masih belum mengatasi lemot, kamu bisa mengganti harddisk yang lebih baru atau bisa menggunakan Solid State Drive (SSD). Dengan ini laptop kamu akan lebih kencang performanya.

Disarankan jika menggunakan SSD, gunakan untuk memuat sistem operasi saja, karena ukurannya terbilang kecil dan harganya cukup mahal dibandingkan dengan HDD.

Pelajari juga mengenai 5 Fungsi Harddisk & Jenis Harddisk Beserta Gambarnya [Lengkap]

3. Menggunakan Antivirus

laptop baru tapi lemot

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya yaitu dengan menggunakan antivirus. Salah satu alasan kenapa laptop menjadi lemot adalah karena terkena malware atau virus.

Seperti halnya manusia, laptop juga bisa terkena virus penyakit yang mengakibatkan menurunnya performa atau kinerja laptop.

Caranya yaitu dengan memasang antivirus agar tidak lemot. Jangan lupa juga, selalu update antivirus agar berbagai macam virus bisa terbaca dengan antivirus yang sedang terinstall di laptop kamu.

4. Tambah Kapasitas RAM

cara mengatasi laptop lemot dengan temp

Cara ini bisa kamu coba loh! lakukan penambahan kapasitas RAM di laptop yang sedang kamu gunakan.

Umumnya pabrikan laptop akan membekali laptop kamu dengan kapasitas RAM berkisar antara 2-4GB. Padahal untuk menjalankan software saat ini membutuhkan setidaknya RAM 8GB, geng.

Kamu bisa menambahkan RAM pada slot yang telah disediakan. Namun yang harus kamu perhatikan, pastikan kapasitasnya, tipe pada RAM (DIMM/SODIMM), dan juga kecepatannnya.

Rekomendasi 11 Aplikasi Database Terbaik Gratis & Kelebihannya

5. Reset Ulang Windows

cara memperbaiki laptop asus lemot

Selanjutnya, agar tidak lemot kinerja laptop kamu dengan memperhatikan usia laptop. Laptop yang sudah tua tentu mempengaruhi juga pada kinerja hardware dan sofware.

Yang paling sering berpengaruh adalah sistem operasinya, terutama pada windows 7, windows 10. Jika Windows sudah mengalami error, maka jelas kinerjanya akan tidak optimal dan sering terjadi crash.

Jadi disarakan untuk mereset atau menginstall ulang Windows tersebut. Namun, jika kamu tertarik bisa menggantinya dengan Windows lain yang lebih ringan. Contohnya seperti Linux.

Memang sih! Windows jauh lebih mendukung banyak fitur yang diberikana. Namun tidak ada salahnya jika kamu mencobanya dan akan membuat laptop menjadi lebih baik.

6. Menggunakan Cooling Pad atau Cooling

cara mengatasi laptop lemot ala tiktok

Jika perlu gunakan cooling pad sebagai kipas tambahan yang bermanfaat untuk mengatur suhu laptop agar tidak panas. Jika laptop telalu panas maka akan membuat laptop menjadi lemot parah.

Cara mengatasi laptop lemot, kamu bisa memakai vacuum cooler untuk menyedot udara keluar di dalam laptop yang mengalami panas mesin. Hal ini sangat membantu suhu laptop menjadi terjaga.

7. Install Aplikasi Pendukung Kinerja Laptop

cara mengatasi laptop amd lemot

Cara mengatasi laptop lemot selanjutnya yaitu menggunakan aplikasi CCleaner. Software satu ini berfungsi untuk membantu kinerja laptop agar menjadi lebih cepat.

Terdapat banyak sekali aplikasi yang berfungsi sama dengan ini. Misalnya aplikasi bernama CCleaner, IObit Advanced System, Care Razer Game Booster, Advenced System Optimizer, dan masih banyak lainnya. Pilih saja yang menurutmu bagus. Download aplikasinya disini.

8. Software Versi Lama

cara mengatasi laptop lemot pada windows 7 ultimate

Ya! cara mengatasi laptop lemot lainnya yaitu menggunakan sofware versi lama. Karena seringkali seringkali kita mengupdate software, maka akan menakibatkan laptop menjadi semakin berat dan terasa lemot.

Jadi jangan pernah gengsi saat kamu menggunakan software versi lama ini. Caranya kamu bisa install software versi lama yang umumnya memiliki fitur yang nggak jauh beda dibanding versi updatenya.

Misalnya kamu bisa mencoba software Adobe Photoshop CS2, Microsoft Office 2013, dan lainnya. Di mana beberapa software tersebut lebih ringan dan bahkan bisa kamu dapatkan secara gratis lho!

Lihat juga 7 Aplikasi Pemutar Video Terbaik PC Gratis 2020

9. Hapus Software yang Tidak Berguna

cara mengatasi laptop lemot buat internetan

Apakah kamu pernah merasakan laptop baru terasa lemot? Saat menggunakan laptop, saya yakin kamu pasti sudah install berbagai software hingga nggak terhitung jumlahnya, bener kan?

Namun pada kenyataanya banyak software yang nganggur nggak terpakai. Agar laptop kamu bisa berjalan optimal, lakukanlah penghapusan software yang sekiranya tidak kamu gunakan.

Kamu bisa juga menggunakan menu bawaan di Windows yang berada di menu settiing atau menggunakan software uninstaller, misalnya aplikasi bernama CCleaner.

10. Perawatan Hardware dengan Rutin

cara mengatasi laptop baru lemot

Sangat banyak pengguna laptop yang sering melupakan hal penting yang satu ini, sehingga mengakibatkan laptop yang digunakan menjadi lemot parah.

Solusi agar performa laptop kamu bisa tetap ngebut yaitu dengan melakukan perawatan hardware. Setidaknya kamu lakukan cara ini minimal setahun sekali, agar lebih optimal.

Perhatikan hardware penting pada komponen laptop seperti kipas, motherboard, bahkan penggantian thermal paste di bagian prosesor laptop.

11. Bersihkan Aplikasi di Desktop

cara mengatasi laptop lemot dan sering not responding

Salah satu penyebab kenapa laptop kamu lemot adalah seringnya menaruh banyak aplikasi di desktop. Jika kamu menggunakan laptop dengan spesifikasi besar maka hal ini tidak menjadi masalah.

Namun jika kamu sering menaruh aplikasi di desktop menyebabkan laptop lemot. Jadi usahakn jangan terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada saat laptop start up.

Sebab aplikasi tersebut menjadi bekerja dan berjalan di belakang atau working in background, yang jelas secara diam-diam memakan kapasitas RAM kamu.

Baca Juga:

Cara Aktivasi Windows 10 Tanpa Product Key, Offline & Permanen

11 Aplikasi Lirik Lagu PC Terlengkap dan Terbaik-Cocok Buat Karaoke

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi laptop lemot yang sangat mudah dan bisa kamu lakukan sendiri dirumah.

Jika kamu memiliki cara lain agar laptop menjadi lebih cepat, bisa berbagai disini dengan saya. Jangan lupa share di kolom komentar bawah ini ya sob!

Selamat mencoba 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *