Cara Mempercepat Windows 7

2 min read

windows 7 super cepat

Walaupun usianya bisa dibilang sudah cukup tua, namun Windows 7 ini masih banyak juga yang menggunakannya. Karena memang windows 7 masih menjadi Sistem Operasi andalan.

Jika komputer atau laptop kamu terasa lambat, bisa menggunakan cara mempercepat Windows 7 berikut ini. Windows 7 bisa dibilang masih jauh lebih baik dibanding Windows 8.

Walaupun tergolong Sistem Operasi yang ringan dan cepat, sebenarnya kita masih bisa mempercepat kinerjanya dengan bebrapa cara yang akan saya bahas disini.

Cara mempercepat Windows 7 ini bisa diterapkan di semua versi Windows 7. Yaitu Windows 7 Pro, Enterprise, Ultimate dan lainnya. Berikut ulasannya:

Cara Mempercepat Windows 7

1. Mengecek Virus

cara agar windows 7 tidak lag

Cara mempercepat Windows 7 yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan pada komputer kita. Karena virus tersebut dapat menyebabkan komputer atau laptop kita menjadi lemot.

Jadi pastikan kalian menginstall antivirus pada PC yang digunakan. Gunakan antivirus yang terbaik dan pastikan selalu update.

Kenapa harus update? karena setiap harinya akan selalu muncul virus baru. Jika kita tidak update antivirus maka database tidak akan mengenali virus yang baru.

Baca Juga: Cara Mematikan Update IDM

2. Mematikan Desktop Gadgets

mengoptimalkan windows 7

Windows 7 ini tidak memiliki tampilan slidebar seperti halnya Windows Vista. Namun masih ada juga proses slidebar yang masih tetap berjalan.

Oleh karena itu untuk membuat kinerja super cepat alangkah baiknya kalian mematikan fitur tersebut pada komputer yang kita gunakan agar berjalan lebih cepat dan Windows 7 tidak lag.

Langkah-langkahnya sebagi berikut:

  • Pertama, bukalah Start Menu kemudian pada kolom perncarian tulis “gadget”
  • Setelah itu pilihlah View List of Running Gadgets.
  • Jika sudah, kalian bisa menghapus berbagai gadget yang dirasa tidak diperlukan untuk digunakan.
  • Selesai.

Lihat Juga: Cara Cek IP Komputer

3. Membersihkan Hard Disk

Untuk mengoptimalkan Windows 7 selanjutnya yaitu dengan membersihkan Hard Disk. Penyebab komputer lemot salah satunya yaitu Hard Disk yang kotor atau banyak sampah.

Caranya yaitu kita melakukan pembersihan secara berkala. Kalian bisa menggunakan Software bernama Disk Cleanup.

Berikut caranya:

  • Pertama, bukalah Start Menu lalu pilih All Progams. Selanjutnya pilih Accessories.
  • Kemudian pilihlah System Tools dan pilih Disk Cleanup.
  • Disk Cleanup ini berguna untuk membersihkan sampah pada komputer kita, baik dalam bentuk recycle bin, cache, temporary file dan lainnya.
  • Selain menggunakan Disk Cleanup ini, kalian bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu seperti CCleaner. Selesai

4. Mematikan Efek Aero

Cara selanjutnya adalah mematikan efek aero. Aero adalah efek yang biasa digunakan untuk mempercantik tampilan laptop atau komputer kalian.

Memang sih Aero ini bisa mempercantik komputer kalian, namuan dilain sisi juga akan memperlambat kinerja komputer menjadi sangat lemot.

Jadi, jika kalian lebih mementingkan performa dibandingkan tampilan alangkah baiknya matikan saja fitur ini. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, pilih Start lalu klik kanan pada kompter. Setelah itu pilih Properties > Advance System Setting > Pilih Advanceed.
  • Jika sudah pilih bagian performance dengan klik Settings.
  • Pada menu ini kalian bisa memilih beberapa opsi yang bisa kalian matikan atau diaktifkan. Untuk mendapatkan performa yang lebih baik.
  • Maka pilihlah menu Adjust for Best Performance. Opsi ini secara otomatis akan merubah tampilan komputer kita secara menyeluruh.
  • Selesai.

5. Lakukan Defrag Hard Disk

Cara mempercepat Windows 7 Selanjutnya adalah dengan Defrag Hard Disk. Sebenarnya Windows 7 juga memiliki jadwal untuk defrag otomatis.

Namun biasanya komputer dalam keadaan off pada saat penjadwalan defrag tersebut. Jadinya Windows akan melewati jadwal tersebut.

Oleh karena itu lakukan defrag secara manual, berikut caranya:

  • Pertama, bukalah Control Panel > System and Security.
  • Kemudian pada jendela System and Security pilihlah Defragment and Optimize your Device. Menu ini terletak pada bagian bawah kategori Administrative Tools.
  • Setelah terbuka pilihlah partisi Hard Disk yang akan kalian defrag, kemudian pilih Defragment.
  • Pada menu tersebut kalian juga bisa mengatur jadwal kapan Windows 7 akan menjalankan proses Defrag.
  • Selain menggunakan fitur defrag bawaan Windows 7, kamu bisa juga menggunakan berbagai apikasi defrag pihak ketiga.
  • Biasanya saya menggunakan aplikasi Smart Defrag. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur unggulan yang tidak dimiliki oleh aplikasi defrag bawaan.

Lihat Juga: Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca

6. Merubah Power Settings

Merubah power settings sendiri juga berpengaruh terhadap kinerja komputer kita. Jika kalian meggunakan PC atau laptop yang terhibing dengan listrik.

Oleh karena itu sebaiknya kamu menggunakan opsi High Performance. Opsi ini tentunya akan memaksimalkan kinerja komputer kita secara maksimal.

Namun, jika kamu menggunakan laptop yang tidak terhubung dengan listrik, alangkah baiknya jangan menggunakan fitur ini.

Karena fitur ini akan memakan daya daya baterai yang tidak sedikit pula. Jadi akan menyebabkan baterai cepat habis.

7. Menambah Kapasitas RAM

Cara mempercepat Windows 7 selanjutnya adalah dengan menambah kapasitas RAM. Hal ini sangat penting dalam menambah performa komputer atau laptop kalian.

Walaupun Windows 7 sendiri tidak terlalu banyak memakan RAM untuk sistemnya. Namun jika menggunakannya untuk gaming, tentunya kita membutuhkan  kapasitas RAM yang cukup.

Agar performa komputer kita tidak lemot saar bermain game, ada baiknya kamu menambah kapasitas RAM.

Untuk ukuran RAM yang ideal pada Windows 7 32 bit adalah 2 GB. Sedangkan untuk Windows 64 but idealnya adalah 4 GB. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Mengembalikan Data yang Terformat

Itulah beberapa cara mempercepat Windows 7 agar tidak lag, agar kinerja lebih cepat atau super cepat. Lakukan perawatan pada komputer kita dan jangan paksakan untuk progam yang berat.

Sesuaikan progam yang digunakan sesuai kapasitas komputer yang kita miliki. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *