Cara Membuat QR Code

Cara Membuat QR Code– Jika Barcode adalah suatu pola sejajar yang geometris dengan satu dimensi, berbeda dengan QR Code yang merupakan suatu evolusi dari barcode yang mengusung dua dimensi.

Bentuk dari QR Code sendiri merupakan kumpulan persegi yang menempel satu sama lain hingga membentuk persegi yang lebih besar, sedang dua dimensi yang dimaksud adalah pemakaian kode pindai secara vertikal dan horizontal.

QR Code (Quick Response Code) diklaim mempunyai  fungsi lebih canggih dibandingkan dengan barcode. Kecanggihan ini tercatat bahwa QR Code mampu menyimpan data lebih besar dibandingkan dengan barcode.

Di Indonesia sendiri, penggunaan QR Code kini sudah merambah disemua kebutuhan. Mulai dari bisnis, non bisnis, registrasi bahkan alamat sosial media sudah menggunakannya.

Nah, taukah kalian jika QR Code dapat dibuat sendiri selama kamu mulai mempelajarinya? Yups, tentu bisa. Berikut cara membuat QR Code yang dapat kamu coba.

Cara Membuat QR Code

Terkait cara membuat QR Code, kalian dapat melalui situs website juga dapat melalui aplikasi pihak ketiga. Berikut situs website yang bisa kalian kunjungi dan beberapa aplikasi yang dapat kalian gunakan untuk Android maupun iOS.

1. Website QR Code Generator

qr code generator

Situs website yang satu ini cukup populer untuk kalian gunakan membuat QR Code, alamat situsnya adalah qr-code-generator.com.

Dari semua situs-situs untuk cara membuat QR Code, situs ini dinilai yang paling banyak digunakan, karena kemudahan kalian membuat QR Code secara otomatis.

Untuk cara membuat QR Code melalui situs ini, cukup ikuti langkah dibawah:

  • Akses melalui browser qr-code-generator.com
  • Kemudian kalian pilih tipe konten yang akan kalian masukan ke dalam QR Code. Kalian dapat memilih minimal 1 hingga maksimal 10 tipe konten.
  • Langkah berikutnya masukkan link Url anda pada kolom “enter your website”
  • Setelah memilih tipe konten, kalian dapat memasukkan informasi konten pad form yang telah tersedia.
  • Kemudian jika menampilkan alamat email pad QR Code kalian, silakan klik tipe konten e-mail. Kemudian isi form.
  • Setelah itu atur tampilan QR Code, pada menu ‘Frame’
  • Serta mengatur warna juga bisa ya guys, silakan pilih opsi ‘ Shape & Color’
  • Done! QR Code jadi deh. Saat mengunduh QR Code tersebut, bisa versi image Jpg atau format vector.

2. Aplikasi QR Code Generator for Android

cara membuat qr code dengan excel

Selain situs website, QR Code Generator juga tersedia dalam tampilan aplikasi android. Khusus pembuatan QR Code (bukan barcode) bisa menggunakan aplikasi ini.

Meskipun aplikasi ini tak dapat memindari kode (scan code), namun aplikasi ini dapat mmebuat QR Code dari text, URL, emai, nomor telepon, bahkan lokasi GPS. Canggih bukan?

Membuat QR Code menggunakan aplikasi ini juga dapat memodifikasi hasil QR Code, seperti memberi backgroud hingga warna. Bagaimana, tertarik mencobanya?

Satu lagi, aplikasi ini khusus pengguna smartphone Android ya guys.

3. Aplikasi QR Code Reader & Generator / Barcode Scaner (for Android)

cara membuat qr code berisi gambar

Cara membuat QR Code selanjutnya adalah dengan menggunakna aplikasi QR Code Reader dan Generator / Barcode Scaner. Sedikit agak panjang namanya, namun aplikasi ini besutan Betterldea studi menawarkan kemudahan dalam satu aplikasi ini.

Dengan aplikasi ini, kalian dapat pemindai code sekaligus membuat QR Code dalam  bebrapa sentuhan. Selain itu, yang menarik dari aplikasi ini adlah kalain dapat menyimpan jejak QR code yang pernah kalian pindai sebelumnya.

Canggih ya guys.

4. Aplikasi QR Code Reader – Barcode Maker for iOS

cara membuat qr code pedulilindungi

Terkhusus kalian pengguna iOS, cara membuat QR Code bisa kalian lakukan menggunakan aplikasi QR Code Reader – Barcode Maker.

Tak jau dari aplikasi sebelumnya, aplikasi ini mampu memindai code juga sekaligus membuat QR Code.

Menariknya lagi, aplikasi ini dapat memindai QR Code bisa melalui kamera depan atau belakang. Pembuatan QR Code di aplikasi ini, ada beberapa jenis yang dapat menjadi pilihan yakni Code 39, Code 128, ITF-q14, ISSN/ISBN hingga Aztec Code. Lengkap bukan?

Itu tadi website dan aplikasi yang dapat kalian coba untuk membuat QR Code sendiri. Mengingat kini QR Code sudah menjadi hal yang lumprah digunakan tentu kalian juga jangan mau kalah untuk bisa membuatnya ya guys.

Baca Juga: Cara Membuat Barcode

Masa kini, smartphone yang semakin canggih sudah tersedia taskbar bawaan yang berupa Pindai QR Code. Menunjukkan semakin berjalannya waktu, QR Code akan meringkas segala informasi hanya dengan memindainya.

Nah, Cara membuat QR Code ini jangan lupa untuk kalian share ke temen-teman juga ya. Dapat info artikel menarik lainnya hanya di Carbonexpo.com.

Cara Membuat Logo Online

carbon
3 min read

Cara Mengatasi Website Down

carbon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!