close

Aplikasi Note Catatan

4 min read

aplikasi catatan

Aplikasi Note (Catatan) – Kamu membutuhkan catatan praktis yang bisa digunakan kapanpun dan dimanapun untuk menulis hasil meeting, mencatat pelajaran sekolah atau sekedar catatan sehari-hari ?

Kalau gitu kamu tiba di halaman yang tepat guys, karena kali ini Caca akan membagikan rekomendasi 10 aplikasi note (catatan) terbaik untuk PC dan smartphone.

Dengan aplikasi ini, kamu jadi nggak perlu ribet-ribet lagi membawa buku catatan dan pulpen secara terpisah, karena aplikasi di bawah ini dapat memenuhi semua keperluan mencatatmu.

Aplikasi Note (Catatan) Untuk Smartphone

Bahkan ada yang dilengkapi dengan password pengaman dan bisa di export ke berbagai jenis file lho!

Daripada penasaran apa aja aplikasi note (catatan), yuk simak ulasan Caca berikut ini sampai selesai!

1. Evernote

aplikasi catatan di hp

Aplikasi note (catatan) terbaik Android yang patut kamu coba adalah Evernote. Pasalnya, aplikasi ini memungkinkan kamu untuk membuat catatan penting dalam berbagai bentuk sesuai keinginanmu.

Diantaranya adalah dengan format teks, sketches, audio, video, foto, PDF, dan bahkan dapat di attach ke format Microsoft Office dan PDF.

Fitur unggulannya yaitu ‘Web Clipper Extension’ yang mampu mendownload gambar, teks, PDF hingga web page tanpa harus membuka banyak file sekaligus untuk mengaksesnya.

Catatan yang sudah dibuat pun bisa diakses lagi dengan mudah melalui HP, laptop, tablet hingga melalui email secara online.

Selain itu, setelah menulis catatan kamu juga bisa langsung membagikannya ke orang lain yang kontaknya tersimpan di HPmu lho.

Aplikasi ini tersedia dalam versi gratis maupun berbayar yang dapat disesuaikan dengan kebutuhanmu dan juga tersedia untuk pengguna iOS.

2. Google Keep

aplikasi catatan di android

Sebagai perusahaan raksasa dibidang teknologi, Google juga nggak ketinggalan memfasilitasi para pengguna dengan layanan aplikasi catatan bernama Google Keep.

Google Keep dilengkapi dengan fitur penyematan foto atau lokasi dalam note untuk mengingatkanmu saat harus pergi ke suatu tempat.

Kamu juga dapat mengorganisir catatan dengan memberikan warna yang berbeda-beda pada setiap note dan memanfaatkan fitur check list supaya kamu bisa menyusun skala prioritas serta menyelesaikan banyak pekerjaan.

Seperti produk Google lainnya, Google Keep juga memungkinkan kamu berkolaborasi dengan orang lain dalam note. Cocok banget buat ngerjain pekerjaan atau tugas kelompok!

3. ColorNote

aplikasi catatan tugas

Sesuai namanya, ColorNote juga merupakan salah satu aplikasi note terbaik di Android yang background-nya bisa kamu atur berwarna-warni sesuai keinginanmu.

Dengan fitur ini, kamu jadi lebih mudah dalam membuat berbagai jenis catatan di smartphone dan mengelompokkannya seperti mengatur jadwal belajar, membuat daftar belanja atau mencatat hasil meeting.

Kerennya lagi, ColorNote juga memungkinkan kamu membuat note di kalender secara langsung lho. Jadi kamu nggak perlu repot-repot mencoret dan menandai kalender secara manual lagi guys.

4. LectureNotes

aplikasi catatan pc

Kabar baik buat para pelajar dan mahasiswa, karena kamu bisa mengandalkan LectureNotes untuk menulis catatan atau pelajaran di laptop dan HP.

Pasalnya, aplikasi ini hadir dengan tampilan yang mirip seperti buku tulis dan bisa digunakan mencatat dengan bebas menggunakan keyboard, jari maupun stylus.

Asyiknya lagi, aplikasi ini dapat kamu gunakan secara offline lho. Jadi selain praktis dan paperless, aplikasi ini juga lebih hemat karena nggak akan menguras paket internet dan dapat digunakan kapanpun dan dimanapun.

Nggak cuma itu aja, kamu juga bisa mengexport file dalam bentuk PDF guys. Paket lengkap banget ya!

Pelajari Juga: √ 5 Aplikasi Jadwal Pelajaran [Anti Bentrok – Format Excel] 2022!

5. Microsoft OneNote

aplikasi notes di laptop

Dari namanya saja, kamu pasti bisa menebak kalau Microsoft OneNote adalah aplikasi note besutan Microsoft Corporation.

Selain digunakan untuk mencatat, kamu juga bisa mengandalkan aplikasi ini untuk menandai hal penting, pengingat (reminder) hingga membagikannya dengan orang lain.

Kerennya lagi, kamu bakal dapat penyimpanan sebesar 1 TB lho guys. Kamu bisa mendownload aplikasi ini melalui website, Google Play Store, maupun App Store.

6. FairNote

aplikasi notes

Nggak kalah keren dari aplikasi sebelumnya, FairNote besutan Tarique ini juga dapat memudahkan kamu dalam menulis catatan dengan pengaturan warna yang berbeda untuk setiap catatan.

Berbagai fitur menarik lainnya juga bisa kamu andalkan dari aplikasi FairNote seperti pengingat/reminder dan share untuk membagikan hasil catatanmu ke orang lain.

7. FiiNote

aplikasi catatan di desktop

Kalau kamu suka menulis catatan dengan cara yang lebih unik dan aesthetic, maka FiiNote ini patut dicoba guys.

Pasalnya kamu nggak cuma bisa menulis catatan melalui keyboard aja, tapi juga menulisnya langsung di atas layar. Bahkan kamu juga bisa memanfaatkan fitur recording untuk membuat catatan pesan suara.

Untuk menambah efek yang unik dan aesthetic, kamu bisa menambahkan warna yang berbeda pada setiap huruf di catatanmu lho.

Dengan aplikasi ini, kamu bisa bebas mengkreasikan catatan sesuai keinginanmu deh!

8. Ulysses

aplikasi catatan note

Butuh aplikasi notes untuk iPad, iPhone dan MacBook? Coba deh aplikasi Ulysses ini. Aplikasi ini didukung dengan fitur yang dapat menunjukkan jumlah kata, jumlah catatan dan lain sebagainya.

Cocok banget buat kamu yang hobi menulis banyak ide naskah atau catatan lain yang panjang.

Kerennya lagi, semua data catatanmu akan disimpan dengan disinkronkan ke iCloud dan bisa diexport ke berbagai jenis format file seperti doc, PDF, e-book dan yang lainnya.

Rekomendasi Untukmu: Top 11 Aplikasi Pengatur Keuangan Pribadi & Keluarga Gratis!

Aplikasi Note (Catatan) Untuk PC

1. Evernote

aplikasi notes terbaik

Selain populer di Android dan iOS, Evernote juga termasuk salah satu aplikasi note (catatan) terbaik untuk PC lho guys.

Aplikasi ini memungkinkan kamu menulis catatan dan note dengan berbagai macam format mulai dari teks, foto, audio, video, PDF bahkan scan tulisan tangan sekalipun.

Buat kamu para pengguna MacOS nggak perlu khawatir, karena Evernote kompatibel untuk PC dengan sistem operasi Windows maupun MacOS.

Untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dan canggih seperti fitur menyimpan note secara offline dan sinkronisasi 2 perangkat atau lebih, kamu bisa upgrade dengan langganan paket Plus atau Premium.

2. iDaily Diary

aplikasi notes di android

Layaknya buku diary, iDaily Diary dapat menjadi pilihan aplikasi catatan harian yang tepat. Pasalnya, aplikasi ini didukung dengan fitur password dan enkripsi yang dapat melindungi dan menjaga privasi catatanmu.

Fitur pencarian yang tersedia juga bisa kamu andalkan untuk mencari catatan-catatan lamamu dengan mudah.

Selain itu, kamu juga bisa mengekspor catatanmu ke format HTML atau menyimpannya di flashdisk untuk diupdate kapanpun dan dimanapun via laptop. Keren banget ya!

3. Microsoft OneNote

aplikasi notes terbaik untuk pc

Aplikasi note (catatan) besutan Microsoft Corporation ini juga tersedia untuk PC selain untuk smartphone.

Berbeda dari aplikasi lainnya, Microsoft OneNote memulai catatan dari tampilan kanvas kosong yang bisa bebas kamu tulis dibagian manapun layaknya kertas.

Dengan begitu kamu bisa menuangkan ide atau pokok pikiran dalam catatan yang nggak terstruktur dan bebas.

Nggak cuma itu aja, Microsoft OneNote juga menyediakan fitur AudioSync yang sering dimanfaatkan untuk meeting, sinkronisasi ke berbagai perangkat hingga menyimpan note secara offline.

Kalau butuh fitur yang lebih canggih dan lengkap, kamu tinggal membayar paket premium sebesar $ 6,99 aja per bulannya guys.

4. Bear Notes

aplikasi notes di pc

Buat kamu pengguna MacOS dan smartphone iOS, Bear Notes mungkin sudah nggak asing lagi. Pasalnya aplikasi yang satu ini cukup digandrungi oleh para pengguna MacBook dan iPhone.

Aplikasi ini memungkinkan kamu menambahkan tag dalam catatan, tautan catatan, gambar, to-dos dan masih banyak fitur yang lainnya.

Bear Notes juga tersedia dalam versi gratis dan berbayar yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhanmu. Untuk versi berbayarnya masih cukup terjangkau kok, yaitu sekitar $2/bulan.

Baca Juga: Top 11 Aplikasi Database Gratis & Kelebihannya!

Nah, itulah 12 aplikasi note (catatan) terbaik untuk PC dan smartphone yang bisa kamu coba. Sekarang untuk membuat catatan nggak perlu ribet-ribet bawa buku lagi, karena semua bisa kamu lakukan di HP dan laptop/PC.

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Aplikasi Bel Sekolah

carbon
2 min read

Aplikasi Pinjaman Online

carbon
1 min read

Aplikasi Membuat Poster

carbon
3 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!