Aplikasi Bencana Alam

Aplikasi bencana alam – Indonesia merupakan wilayah negara yang palig rawan adanya bencana alam termasuk gempa. Mengingat letak geografis Indonesia ini berada di antara samudra besar wilayah lempeng tektonik atau sering disebut wilayah cincin api.

Terlebih di tahun 2021 ini bencana kembali melanda sejumlah daerah di Indonesia.Sebut saja wilayah Sulawesi barat yang mengalami gempa bumi dengan besaran 6,2 magnitudo. Dan juga Jawa Timur terjadi erupsinya gunung semeru.

Mengingat kejadian tersebut, sulit untuk mengetahui kapan bencana alam akan terjadi. Sebab sampai sekarang belum ada peneliti yang bisa memprediksi kapan terjadinya gempa.

Namun tak perlu khawatir, ada beberapa aplikasi bencana alam yang dapat membantumu memberikan informasi penting saat akan terjadinya bencana alam. Berikut macam-macam aplikasi bencana alam:

Aplikasi Bencana Alam

1. Info BMKG

nama alat pendeteksi bencana alam

Info BMKG ialah aplikasi bencana alam yang dikeluarkan oleh BMKG. Ada banyak feature yang disiapkan seperti pemberitahuan gempa bumi, peringatan awal cuaca, dan informasi aktual sekitar BMKG.

Pemakai bisa juga mendapat info sekitar prediksi cuaca berdasar lokasi. Untuk info gempa bumi, cuman gempa bermagnitudo di atas 5 rasio richter saja yang bakal ada sebagai pemberitahuan, diperlengkapi dalam jarak epicentrum ke lokasi pemakai.

Aplikasi bencana alam ini dapat didownload di Google Play Store di link ini. BMKG mereferensikan untuk penataan lokasi ke model Ketepatan Tinggi, supaya informasi yang didapatkan lebih tepat.

Lihat Juga: Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

2. Disaster Alart

cara mengetahui gempa di hp

Aplikasi ini diperkembangkan oleh Pasific Disaster Center (PDC) di Hawaii. Lewat aplikasi ini, pemakai dapat mencari peta musibah alam yang terjadi sekarang ini, seperti gempa bumi, tsunami, gunung meledak, badai, longsor, banjir dan kebakaran rimba.

Bahkan juga, aplikasi ini dapat mencari pesebaran pandemi satu virus. Disokong oleh basis DisasterAWARE garapan PDC, Disaster Alert akan memberinya pemberitahuan berdasar GPS.

Pemakai bisa juga menyaksikan detil lain seperti info selanjutnya mengenai lokasi mana yang beresiko. Aplikasi bencana alam ini bisa didownload  di Android bisa mengambil di link ini.

3. QuakeFeed Earthquake Map, News, and Alerts

Aplikasi gratis ini ditujukan khusus untuk pemakai iOS, baik iPhone atau iPad. Sama dengan namanya, aplikasi ini diperuntukkan untuk memberitahukan gempa yang terjadi.

Selama ini, aplikasi cuman dapat mengetahui gempa bermagnitudo 1,0 di Amerika Serikat dan 4,5 rasio richter di negara lain. Saat buka aplikasi ini, pemakai akan disuguhi apa yang terjadi di peta Ring of Fire.

Pemakai dapat mencari daftar gempa yang baru terjadi dan membesarkan petanya untuk ketahui di mana persisnya musibah itu terjadi. aplikasi ini akan memberikan tahukan info gempa yang terjadi disekitaran lokasi pemakai dan memberinya info sekitar gempa yang terjadi di daerah tertentu, seperti yang ingin disaksikan pemakai.

Dengan demikian, bila mempunyai sanak saudara yang di daerah musibah, pemakai langsung bisa ketahui dan coba mengontak mereka. Selanjutnya, aplikasi ini memungkinkannya pemakai untuk memasangkan pertanda bahaya cuman bila magnitudo gempa ada di rasio tertentu. Download disini.

4. QuakeAlert

contoh alat penanggulangan bencana alam

Aplikasi ini baru dalam tahapan eksperimen oleh Early Warning Labs. Untuk saat ini, aplikasi ini baru dapat dipakai dalam pola beta di Amerika. QuakeAlert di-claim dapat memberitahukan gempa mendatang sampai 20 detik saat sebelum gempa terjadi.

Saat sensor mengetahui gelombang getaran, data itu akan ditransmisikan ke tubuh geologi AS (USGS) untuk diketahui lokasi dan ukuran gempa.

Server Early Warning Labs akan hitung tiap peringatan untuk tiap pemakai yang disamakan dengan personalisasi waktu guncangan dan intensif. Saat pemberitahuan gempa ada, selainnya detil gempa ada juga panduan keselamatan gempa yang dapat dilaksanakan pemakai.

5. Safety Tips

Aplikasi bencana alam satu ini direncanakan khusus untuk beberapa wisatawan yang diperkembangkan oleh instansi pariwisata Jepang (Japan Tourism Agen/JTA). Seperti Indonesia, Jepang rawan pada musibah alam khususnya gempa dan tsunami.

Dengan aplikasi ini, wisatawan yang berekreasi ke Jepang semakin lebih gampang terhubung info sekitar gempa, tsunami, gunung meledak, dan cuaca lebih aktual.

Safety Panduan akan mencari lokasi GPS di handphone pemakai dan mengirimi pemberitahuan mengenai gempa yang terjadi. Penguna bisa juga atur lima lokasi lain untuk terima pemberitahuan gempa.

Karena diperuntukkan untuk wisatawan, aplikasi ini memuat tiga bahasa selainnya Bahasa Jepang yaitu, Bahasa Inggris, Mandarin, dan Korea. Walau begitu, masyarakat lokal di situ juga dapat terhubung aplikasi ini. Download disini.

Baca Juga: 5 Aplikasi Pinjaman Online Langsung Cair 2021 (Dalam Hitungan Menit)

Itulah beberapa aplikasi bencana alam yang bisa digunakan untuk mengetahui terjadinya bencana alam di sekitar kita. Sehingga kalian jadi lebih waspada dalam menghadapi bencana tersebut.

Jangan lupa share artikel diatas ke teman atau saudara kamu agar mereka juga tahu manfaat dari aplikasi bencana alam diatas. Semoga bermanfaat.

cara mengetahui gempa di hp, alat pendeteksi bencana, aplikasi tanggap bencana, alat alat pendeteksi bencana, aplikasi bmkg, sebutkan, alat-alat pendeteksi bencana, contoh alat pendeteksi bencana alam, inarisk 

Aplikasi Kasir

carbon
3 min read

Aplikasi Penjualan

carbon
2 min read

Aplikasi Belajar Bahasa Korea

carbon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!