Apa Itu Laravel?

2 min read

Developer atau pengembangan website pasti akan lebih mudah apabila menggunakan tool yang tepat, seperti penggunaan framework Laravel.

Ini adalah salah satu framework paling populer saat ini karena dapat menghasilkan aplikasi web yang bagus. Namun, apa itu Laravel dan kelebihannya? 

Apa itu Laravel?

Laravel adalah kerangka kerja atau framework PHP opensource gratis yang menyediakan seperangkat alat dan sumber daya untuk membangun aplikasi PHP modern. 

Dengan ekosistem lengkap yang memanfaatkan fitur bawaannya, dan berbagai paket ekstensi yang kompatibel, Laravel telah melihat popularitasnya tumbuh pesat dalam beberapa tahun terakhir. 

Laravel menyediakan alat database yang kuat seperti Object Relational Mapper (ORM) yang disebut Eloquent, dan mekanisme built-in untuk membuat migrasi database dan seeder.

Dengan alat command-line Artisan, developer atau pengembang dapat mem-bootstrap model baru dan komponen aplikasi lainnya yang mempercepat pengembangan aplikasi secara keseluruhan.

Mengapa Laravel penting?

Berikut adalah poin-poin penting yang menunjukkan framework Laravel itu penting untuk digunakan: 

1. Sebagai solusi pengemasan modular dengan dependency-management-enabled

Hal tersebut berarti kamu dapat dengan cepat menambahkan fitur baru ke aplikasi Laravel tanpa harus memulai dari awal. 

Kamu dapat mengembangkan paket sendiri untuk kode yang sering digunakan atau menggunakan Composer dalam menginstal paket siap pakai.

2. Pemetaan object-relational

Ini untuk akses dan manipulasi data yang lebih cepat, Eloquent ORM Laravel menampilkan tabel database sebagai kelas.

3. Pemrograman virtual yang portabel

Homestead memberi pengembang semua alat yang mereka butuhkan untuk dapat dengan mudah menggunakan atau memulai Laravel.

4. Command Line Interface (CLI)

CLI ini berisi sejumlah besar perintah yang telah diprogram sebelumnya yaitu Artisan. 

5. Pengujian dilakukan secara otomatis

Kemudian ada juga pengujian atau testing yang memang disediakan oleh framework Laravel sebagai fitur standar. Selain itu, Laravel juga sistem otentikasi yang dapat berfungsi penuh. 

Fungsi framework Laravel

Fungsi dari Laravel digunakan untuk membangun aplikasi web menggunakan PHP. Ini adalah kerangka kerja web yang menangani banyak hal untuk dibangun sendiri, seperti routing, templating HTML, dan authentication.

Laravel sepenuhnya berada di server karena berjalan di PHP, dan sangat berfokus pada manipulasi data serta tetap berpegang pada desain Model-View-Controller

Dapatkan hosting murah bulanan hanya di DomaiNesia. 

Cara kerja Laravel

Model View Controller atau MVC adalah pola desain untuk Laravel. Kata “Model” mewakili bentuk informasi program bekerja. 

Model” merupakan tabel user yang masing-masing terdapat pada daftar posting dan akan berinteraksi dengan “Controller.” 

Apabila seseorang meminta tampilan halaman, pengontrol akan berbicara dengan “Model” (biasanya hanya database) dan mencari tahu informasi tersebut. 

Lalu, pengontrol akan mengubah “Model” jika user atau pengguna ingin membuat posting-an baru. Controller mencakup banyak logika aplikasi.

Struktur ini digunakan oleh Laravel untuk menjalankan aplikasi yang telah dipesan lebih dahulu dengan menggunakan Blade templating motor agar bisa memecah HTML di beberapa bagian dan mengoperasikan unit kontrol. 

Semuanya dimulai dengan rute yang dibuat oleh web.php dan memproses permintaan HTTP berdasarkan lokasi. 

Kelebihan framework Laravel

1. Laravel memiliki sistem keamanan yang baik

Keamanan aplikasi web yang menggunakan Laravel memang terjamin karena adanya perlindungan komprehensif. 

Framework Laravel ini secara efisien melindungi aplikasi web dari ancaman yang mungkin menyebabkannya kegagalan. 

2. Aplikasi web bisa berjalan lebih cepat

Dengan integrasi yang mudah menggunakan alat, membuat Laravel lebih cepat menjalankan aplikasi web. 

Ini mendukung semua cache backend utama, sehingga memungkinkan Laravel untuk memberikan aplikasi lebih cepat.

3. Konstruksi yang lebih sederhana, authentication dan authorization

Authentication aplikasi web adalah prosedur yang mudah dan Laravel juga menjamin prosedur authorization sederhana serta cepat. 

Ada kontrol penuh atas tingkat akses yang diberikan kepada user atau pengguna. Laravel PHP adalah pilihan populer di kalangan pengembang karena semua keunggulan yang dimilikinya. 

4. Lebih mudah melakukan pengujian atau testing

Framework Laravel memiliki dukungan penuh untuk melakukan pengujian. Akibatnya, program akan dapat mempromosikan perilaku pengguna dengan cepat dan mudah. 

Selain itu, ada juga kemudahan lain dalam mengirimkan permintaan melalui aplikasi atau mengontrol berbagai jenis output menggunakan aplikasi.

5. Konfigurasi routing dibuat otomatis

Saat mendefinisikan route, framework Laravel menyediakan cara yang sangat mudah dan ekspresif. 

Karena semua route Laravel ini didefinisikan dalam file PHP sebagai app/HTTP/routes, maka rute tersebut bisa segera dimuat di awal kerangka kerja dan mempercepat proses.

6. Integrasi layanan mail

SwiftMailer adalah paket populer dengan API yang disediakan oleh Laravel dan menyertakan sejumlah driver tambahan, seperti SparPost, Amazon SES, Mailgun, dan Mandrill. Jadi para pengguna atau user lebih mudah untuk mengirim email menggunakan server berbasis cloud.

7. Penanganan konfigurasi menggunakan Integrated Library

Kamu dapat menggunakan Laravel untuk mengakses massive library of miscalculation dan exception handling. Berbagai penangan log didukung oleh monologue logging library.

Jadi, apa itu Laravel adalah sebuah kerangka kerja open source gratis yang menyediakan seperangkat alat dan sumber daya untuk membangun aplikasi PHP modern.

Beberapa kelebihan yang dimilikinya dapat membantu para pengembang untuk menjalankan pekerjaan mereka secara mudah dan sederhana hingga menghasilkan aplikasi web yang bagus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!