Perangkat Keras Komputer

contoh perangkat keras komputer

Perangkat Keras Komputer – Komputer merupakan salah satu penemuan besar yang memiliki peranan penting di dunia masa dewasa ini. Perangkat ini sangat membantu berbagai macam pekerjaan, terutama terkait dengan administrasi dokumen dan aktivitas lainnya.

Tanpa disadari komputer menjadi kebutuhan dasar bagi masyarakat, mulai pelajar, pekerja kantoran bahkan ibu rumah tangga juga membutuhkannya untuk melakukan bisnis onlinenya.

Namun dalam menjalankan prosesnya, komputer ini mempunyai susunan perangkat keras komputer yang mana fungsinya mendukung sistem kerja komputer dapat digunakan dengan baik.

Lalu apa sajakah komponen perangkat keras komputer yang dimaksud? Yuk simak ulasannya hanya di carbonexpo.com dibawah ini :

Perangkat Keras Komputer

Definisi Perangkat Keras Komputer

Perangkat Keras Komputer atau dalam bahasa Inggris disebut Hardware merupakan semua bagian fisik nyata komputer, yang dibedakan dengan data yang ada didalamnya atau yang beroperasi didalamnya.

Komputer pada umumnya  adalah komputer pribadi atau biasa disebut Personal Computer (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak. Perangkat keras komputer atau hardware berperan penting sebagai penghubung antara pengguna dengan sistem komputer itu sendiri.

Komputer mempunyai berbagai perangkat yang bekerja bersama dalam mengolah informasi yang mentah, menjadi informasi baru yang mudah dimengerti.

Bila salah satu perangkat tak bisa bekerja sebagaimana mestinya, maka proses pengolahan data dalam komputer tak dapat berjalan dengan baik.

Power Supplay

perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data kedalam komputer adalah

Power Supply merupakan perangkat keras komputer yang mengelola energi listrik untuk disalurkan ke semua perangkat lain dalam sistem komponen komputer.

Perangkat ini mengkonversi  listrik dan menyediakan aliran listrik agar tetap untuk digunakan komputer. Kualitas Power supplay menentukan kualitas kinerja komputer.

Untuk daya 300 – 400 watt yang disalurkan biasanya cukup bagi komputer untuk digunakan pengetikan ataupun grafik. Sedangkan daya 400-500 watt  komputer mampu bekerja menggunakan banyak unit tambahan.

Tanpa Power Supplay, komputer hanya sebuah barang mati karena tidak akan bisa menyala. Karena itu perangkat ini merupakan komponen penting yang wajib ada.

Baca Juga: Laptop Tidak Bisa Connect WiFi

CPU

perangkat keras komputer dan fungsinya

CPU atau Central Processing Unit serta dikenal juga sebagai Prosesor ini merupakan sebuah komponen utama perangkat keras komputer yang dapat mengatur seluruh proses yang berjalan didalam komputer.

Fungsi dari CPU adalah menjadi otak komputer guna menafsirkan dan menjalankan perntah yang diberikan oleh user untuk mengoperasikan komputer.

Dalam menjalankan fungsi tersebut CPU terdiri dari Chip komputer yang berisi miliaran transistor kecil yang terpasang. Semua perangkat keras lain yang menjadi komponen harus terhubung dengan CPU, jika tidak maka perangkat keras lainnya tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Monitor

perangkat keras komputer yang dapat membuat

Monitor salah satu perangkat yang juga memiliki peran penting bagi proses kinerja komputer. Bagaimana tidak, monitor mempunyai fungsi untuk menampilkan hasil atau output  secara visual yang berasal dari perintah CPU.

Desktop yang ditampilkan oleh monitor tersebut harus terhubung melalui kabel yang dipasang di kartu video komputer pada motherboard sistem komputer yang ada pada CPU.

Perlu diketahui, monitor sendiri memiliki berbagai ukuran layar. Tiap merk dan ukuran terntu  memiliki tingkat resolusi yang berbeda pula. Resolusi inilah yang menentukan ketajaman gambar pada monitor.

Terdapat pula dua jenis monitor, yakni CRT merupakan jenis monitor yang ditemukan pada perangkat komputer versi lama dan jenis LCD yang merupakan mnitor versi baru yang lebih tipis serta ringan.

Mouse

media penyimpanan komputer

Mouse merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menggerakkan kursor yang ada dalam monitor. Fungsi Mouse itu sendiri memudahkan user dalam memberikan perintah memindahkan pointer dalam memilih menu apa saja yang diinginkan pada komputer.

Mouse mulai dipergunakan sejak sistem perasi telah berbasis GUI (Graphical User Interface).Untuk menjalankan fungsinya, Mouse harus terhubung secara langsung dengan CPU.

Pada mouse, terdapat  dua tombol yakni tombol bagian kiri dan kanan, serta bola laser pada bag tengah yang dapat bergulir atau scroll ke atas dan ke bawah. Setiap pergerakan mouse untuk mengirim instruksi langsung pada komputer.

Keyboard

jenis-jenis keyboard beserta gambarnya

Perangkat keras komputer selanjutnya ialah keyboard. Perangkat ini memiliki perang penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer.

Keyboard merupakan papan ketik yang dapat berfungsi memasukkan huruf, angka dan karakter khusus sebagai media user memberikan perintah. Keyboard sendiri mempunyai tombol yang berjumlah 104 tuts.

Tidak lupa, semua jenis keyboard baik tanpa kabel maupun dengan kabel harus terhubung dengan CPU untuk melaksanakan setiap perintah.

Lihat Juga: Jenis-Jenis Keyboard

RAM

media penyimpanan komputer

RAM atau Random Access Memory merupakan jenis perangkat keras yang digunakan menyimpan data sementara (jangka pendek) kemudian melanjutkan data yang diterima ke bagian proses dan output, sehingga komputer tidak perlu selalu mengakses hard disk untuk mencari data.

Memory bekerja dengan menyimpan dan menyuplai data-data penting yang diperlukan Prosesor dengan cepat guna diolah menjadi informasi. Jumlah RAM yang lebih besar akan membantu kecepatan kinerja PC.

Perangkat keras komputer RAM ini memiliki kelemahan, yakni selalu  memorinya setelah tidak diperlukan. Jika user mengetik atau melakukan pekerjaan pada menu yang ada dan lua untuk save pada harddisk, maka bisa dipastikan pekerjaan user akan hilang saat mematikan program.

Pelajari Juga: Perbedaan Ram dan Rom

Hard Disk

perangkat keras komputer dan fungsinya

Perangkat Keras Komputer selanjutnya adalah Hard Disk (HD) atau Hard Drive. Fungsi dari Harddisk ialah sebagai perangkat untuk  menampung dan menyimpan data secara permanen (jangka panjang).

Pada umumnya, Harddisk diinstal terlebih dahulu di CPU dan terpasang didalam perangkat (internal), namun saat ini juga tersedia harddisk yang dapat dilepas pasang diluar perangkat (eksterna) dengan menggunakan kabel USB ataupun kabel lain yang mendukung.

Sifat harddisk yang dapat menyimpan data secara permanen, maka setiap data uang telah dimasukkan kedalam harddisk tetap utuh dan tidak terhapus. Harddis biasanya memiliki kapasita penyimpanan triliunan byte data.

Adapun fungyang lain dari Harddisk adalah menjalankan sistem operasi komputer seperti Linux, Unix, Windows, mac Os dan lain sebagainya.

Printer

perangkat keras komputer dan fungsinya beserta gambarnya

Printer merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk mencetak data yang berada disebuah file komputer ke dalam bentuk nyata (fisik). Cara menggunakan printer biasanya setelah dihubungkan ke CPU, terlebih dulu menginstal printer ke dalam program komputer kamu.

Adapun data yang dicetak berupa teks, gambar atau tangkapan layar dengan menggunakan media cetak berupa kertas. Jenis printer ada tiga macam yakni Printer Dot Metrix, Printer Ink Jet dan Printer Laser Jet.

Nah dari perjelasan diatas tentu  kalian sudah jauh lebih paham mengenai perangkat keras komputer.

Baca Juga: Aplikasi Pengolah Kata

Dimana keberadaan perangkat keras itu sendiri akan sangat dibutuhkan untuk memudahkah pekerjaan dan kelancaran jalannya sistem operasi komputer kamu.

Jangan lupa share informasi ini ke temen-temen kamu yaa!

No Bootable Device

carbon
1 min read

Cara Cek Suhu Laptop

carbon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!