Jaringan Komputer

Jaringan Komputer – Sebagai salah satu perangkat elektronik yang dibuat untuk membantu pekerjaan manusia, komputer memiliki banyak kemampuan.

Salah satunya adalah komputer bisa terhubung dengan perangkat komputer lain untuk berkomunikasi, berbagi data dan informasi secara elektronik.

Untuk melakukan itu, dibutuhkan jaringan komputer yang mungkin sering kamu dengar sebagai LAN, WAN, VPN dan masih banyak yang lainnya.

Apakah kamu ingin tahu lebih dalam mengenai jaringan komputer?

Kalau gitu simak ulasan berikut ini ya, karena caca akan membahas seputar jaringan komputer, mulai dari pengertian, manfaat, jenis-jenis dan lain-lainnya. Let’s check it out guys!

1. Pengertian Jaringan Komputer

Pertama, tentu saja kamu perlu mengetahui pengertian dari jaringan komputer terlebih dahulu.

Jaringan komputer ialah dua perangkat komputer atau lebih yang saling terhubung satu sama lain dengan tujuan berbagi data dan berkomunikasi.

Dalam membuat jaringan komputer, router dan switch saling berbagi informasi dan membawa data ke titik akhir atau tujuan transmisi.

Setiap titik akhir (host) pada jaringan punya tanda pengenal khusus yang umumnya dikenal sebagai alamat IP atau media access control yang menunjukkan mana sumber dan tujuan transmisi.

Endpoint bisa mencakup server, telepon, komputer pribadi, dan berbagai macam hardware jaringan lain.

Kamu juga bisa mengatur jaringan menjadi private atau publik. Jaringan publik biasanya tidak dibatasi aksesnya, seperti internet.

Sedangkan untuk jaringan private, umumnya kamu perlu user untuk mengakses jaringan yang bisa kamu dapat langsung dari password atau diinput manual oleh administrator jaringan.

2. Manfaat Jaringan Komputer

Perkembangan jaringan komputer yang begitu pesat hingga saat ini tidak terlepas dari manfaatnya yang besar dalam memudahkan pekerjaan manusia.

Beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jaringan komputer antara lain:

  • Berbagi Data dan Informasi

Dengan terhubungnya beberapa perangkat komputer dengan jaringan, maka pengguna bisa saling berbagi data dengan perangkat yang terhubung seperti dokumen, foto, video, aplikasi dan lainnya tanpa harus menggunakan flashdisk atau hard drive.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan hardware sharing saat terhubung dengan jaringan. Seperti misalnya jika sebuah printer terkoneksi ke jaringan, maka printer bisa digunakan beberapa komputer sekaligus.

Jaringan komputer juga dapat membantumu mem-backup data ke perangkat lain melalui internet untuk menghindari rusak atau hilangnya data.

  • Sarana Komunikasi Jarak Jauh

Kemudahan komunikasi jarak jauh melalui koneksi internet yang kita rasakan saat ini adalah salah satu bentuk peran jaringan komputer. Karena bisa dibilang, internet ialah jaringan komputer dengan skala global

  • Mengakses Data Secara Online

Jaringan komputer memudahkan kita untuk menyimpan data dan mengaksesnya kapanpun dan dimanapun melalui cloud hosting, cloud drive atau remote desktop.

Dengan begitu kita bisa mengakses data dari perangkat manapun dengan bermodalkan internet saja tanpa harus menggunakan flashdisk ataupun harddisk.

  • Meningkatkan Keamanan dan Manajemen Data

Jaringan komputer juga memungkinkan kamu untuk menyimpan dan memanajemen data dalam sebuah server yang dicadangkan otomatis seperti SQL, MySQL dan MongoDB.

Hal ini berguna untuk meningkatkan keamanan dan menghindari pencurian atau kerusakan data.

  • Sebagai Fasilitas Konten Hiburan

Berbagai situs konten hiburan seperti YouTube, Facebook, Instagram, Netflix hingga game online tidak akan pernah ada tanpa jaringan komputer lho.

Sehingga jaringan komputer berperan sangat besar dalam perkembangan teknologi dan informasi hingga saat ini.

Pelajari Juga: √ 8 Macam Perangkat Keras Komputer dan Fungsinya, 2021!

3. Jenis-jenis Jaringan Komputer

jaringan komputer yang bersifat lokal dan biasanya hanya terdiri dari beberapa komputer saja disebut

Selanjutnya mari kita memahami beberapa jenis jaringan komputer yang sering ditemukan:

  • LAN (Local Area Network)

LAN atau Local Area Network adalah salah satu jenis jaringan yang paling sering kita dengar, karena menghubungkan antar perangkat jaringan dalam lingkup yang relatif kecil.

Umumnya, kamu akan menemukannya di sekolah, kantor atau rumah dengan satu atau terkadang beberapa LAN.

Selain jangkauannya terbatas, LAN biasanya dikelola dan dimiliki oleh perorangan atau organisasi tertentu.

Sedangkan untuk konektivitasnya, ada yang menggunakan ethernet, token ring atau wireless menggunakan Wi-Fi atau sering disebut dengan WLAN (Wireless Local Area Network).

  • MAN (Metropolitan Area Network)

Untuk membangun jaringan yang lebih besar, jenis MAN atau Metropolitan Area Network akan digunakan dengan menghubungkan dua atau beberapa jaringan LAN.

Biasanya MAN dimanfaatkan untuk membangun jaringan dalam suatu kota dengan menggunakan kabel dan alat khusus untuk menghubungkan LAN.

  • WAN (Wide Area Network)

WAN atau Wide Area Network bisa disebut sebagai beberapa LAN yang terkumpul, dihubungkan dengan perangkat router dan tersebar di area yang lebih luas secara geografis.

WAN kebanyakan dimiliki dan dikelola secara kolektif atau terdistribusi, serta menggunakan teknologi Frame Relay, ATM dan X25 untuk koneksi jarak jauh.

  • PAN (Personal Area Network)

Sesuai namanya, Personal Area Network (PAN) adalah jenis jaringan komputer yang digunakan di lingkup kecil seperti kantor atau rumah. PAN seringkali dimanfaatkan untuk berbagi resources seperti printer dan internet.

  • CAN (Campus Area Network)

Nggak beda jauh dengan MAN, Campus Area Network atau CAN juga memiliki cakupan yang lebih luas dari LAN, namun terbatas dalam lingkup universitas atau kampus.

Jaringan CAN seringkali digunakan untuk kegiatan belajar mengajar seperti praktik laboratorium, ujian, email dan masih banyak yang lainnya.

  • Internet

Internet yang kita nikmati sampai saat ini merupakan jaringan komputer terbesar yang pernah ada guys. Pasalnya ia dapat menghubungkan jutaan perangkat jaringan seperti smartphone, laptop, PC, tablet, smart TV, CCTV, webcam, server dan lain-lainnya.

Sifat internet yang terbuka untuk siapapun menjadikannya jaringan yang paling mudah diakses sekaligus paling tidak aman.

  • VPN (Virtual Private Network)

Jika kamu menginginkan jaringan internet yang aman, maka VPN atau Virtual Private Network) adalah solusi yang tepat karena bersifat private.

Misalnya dalam bidang bisnis, jika kamu ingin terhubung secara private dengan kantor lain di kota berbeda, maka kamu bisa mengandalkan VPN untuk membuat jalur internet yang aman dan untuk berbagi data.

Rekomendasi Untukmu: 10 Perangkat Lunak Komputer dan Fungsinya, Lengkap 2021!

4. Macam-macam Perangkat Dalam Jaringan Komputer

jaringan komputer apa yang dapat mencangkup negara bahkan sampai benua adalah ... *

Untuk membangun sebuah jaringan komputer, kita memerlukan beberapa macam perangkat, diantaranya:

  • Server

Server sendiri digunakan sebagai media penyimpanan data dan pengelolaan jaringan komputer.

  • Kabel Jaringan

Kabel diperlukan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan server atau perangkat lain. Beberapa jenis kabel jaringan diantaranya seperti coaxial, twister pair dan fiber optic.

  • Hub dan Switch

Meskipun merupakan 2 perangkat yang berbeda, baik Hub atau Switch sama-sama berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer ke satu jaringan.

  • Network Interface Card (NIC)

Network Interface Card atau NIC yang berfungsi menghubungkan komputer ke suatu jaringan ini juga bisa disebut sebagai LAN Card.

Ada beberapa macam NIC berdasarkan kecepatannya, yaitu tengig dengan kecepatan 10000 Mb/s, gigabit Ethernet 1000 Mb/s, fast ethernet 100Mb/s serta ethernet 10Mb/s.

  • Router

Router adalah perangkat yang berfungsi menghubungkan jaringan LAN dengan jaringan nirkabel WAN serta mengatur lalu lintas data dalam jaringan.

  • Modem

Perangkat yang sudah sering kita dengar ini digunakan untuk menghubungkan perangkat komputer dengan penyedia internet atau ISP.

  • Repeater

Perangkat jaringan yang sering digunakan untuk memperkuat sinyal dalam jaringan nirkabel adalah repeater. Biasanya repeater digunakan jika jangkauan jaringan cukup luas.

  • Wireless Card

Wireless Card berfungsi untuk menangkap sinyal serta menghubungkan perangkat ke jaringan nirkabel.

Biasanya laptop generasi terkini sudah dilengkapi dengan jaringan nirkabel bawaan pabrik, namun sebagian PC masih mengharuskan kamu untuk menambah jaringan sendiri.

5. Topologi Jaringan Komputer

jaringan komputer adalah brainly

Sederhananya, topologi jaringan adalah suatu metode atau cara untuk menghubungkan struktur jaringan antar perangkat komputer, berdasarkan unsur-unsur dasar yang menyusun jaringan seperti link, node dan station.

Berikut topologi jaringan yang dikategorikan dalam tipe dasar:

  1. Bus (Bis)
  2. Ring (Cincin)
  3. Star (Bintang)
  4. Tree (Pohon)
  5. Mesh (Jala)

Jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang jenis topologi dalam jaringan komputer beserta keunggulan dan kelemahannya, kamu bisa mengunjungi artikel topologi jaringan.

Baca Juga: √ 3 keunggulan Topologi Jaringan 2021!

Itu tadi adalah penjelasan singkat mengenai jaringan komputer, termasuk pengertian, manfaat, jenis-jenis hingga topologi jaringan. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!