Panduan Cloud Server: Pengertian dan Fungsinya

1 min read

Anda merasa bingung ingin menyimpan data agar aman dan mudah diakses? Maka ada cloud server yang bisa menjadi solusinya. Apakah itu? apa juga fungsi serta kelebihannya dari penyimpanan fisik biasa?

Pengertian Cloud Server

Secara umumnya, yang disebut dengan cloud server tidak lain adalah sebuah server virtual yang berjalan di lingkungan computing guna membangun, menyimpan serta mengirim data menggunakan platform cloud computing melalui jaringan internet.  

Dengan kata lain seluruh data yang Anda inginkan itu akan ada di penyimpanan internet. Data-data itu tidak tersimpan pada di penyimpanan fisik tapi di cloud server ini.

Karena bukan penyimpanan dalam bentuk fisik, setiap penggunaan server virtual ini menjadi lebih mudah dan simpel. Semua orang bisa mengaksesnya kapanpun dengan berbagai macam perangkat. 

Contohnya saat nantinya laptop kerja Anda sedang rusak, tetapi butuh sekali file di dalamnya maka Anda bisa mengaksesnya lewat perangkat lain, handphone atau komputer kantor.

Anda tidak harus menunggu sampai perbaikan laptop tersebut benar. Cukup menyambungkan perangkat lain dengan internet kemudian masuk ke akun Anda. Data di file laptop Anda yang rusak itu bisa terakses asalkan saling tersinkronisasi.

Fungsi Cloud Server

Anda sudah tahu sedikit mengenai pengertiannya. Nah, sekarang fungsi dari cloud server itu sendiri harus Anda ketahui juga. Fungsi-fungsinya secara garis besar adalah sebagai berikut:

Menjalankan hosting serta aplikasi untuk membantu dan mengurangi beban memori pada hardware yang Anda gunakan.

Tempat penyimpanan dari data-data personal, aplikasi, serta data dari web hosting yang Anda gunakan.

Banyak aktivitas yang biasanya menggunakannya. Antara lain untuk keperluan toko online, layanan edukasi atau sekolah manufaktur, serta bisnis-bisnis berbasis digital yang kini tengah berkembang.

Kelebihan dan Manfaat Menggunakannya

Seperti itulah fungsi dari cloud server yang perlu Anda ketahui. Selanjutnya mari beralih ke apa yang bisa Anda peroleh atau manfaat apa yang Anda akan dapatkan ketika menggunakannya?

1. Keleluasaan Saat Akses Data

Kelebihan pertama adalah fleksibilitas bagi penggunanya. Ketika ada jaringan internet, mau dimanapun lokasinya Anda akan tetap bisa mengakses data-data yang telah tersimpan di cloud. 

Berbeda kasusnya kalau Anda menyimpan di perangkat fisik, maka ketika tidak membawa perangkat tersebut jadinya Anda akan kesulitan mengakses data. Terlebih lagi semua jenis device sangat mendukung untuk menggunakannya.

2. Tidak Menyita Penyimpanan Pada Hardware

Momen komputer tiba-tiba lemot saat Anda butuhkan menjadi hal yang paling menyebalkan tentunya. Biasanya penyebabnya adalah karena memorinya telah penuh sesak. 

Oleh karena itu , Anda tidak lagi bisa menggunakan untuk menginstal aplikasi tertentu atau update aplikasi karena kerjanya akan semakin berat bahkan membuka file biasa pun lambat.

Solusinya bukan menghapus ruang di hardware anda, tetapi memindahkan data-data tersebut ke cloud server yang Anda punyai. Setelah memindahkannya ke server virtual, nantinya penyimpanan komputer Anda kan lebih longgar sehingga sistemnya bisa berjalan lebih ringan.

3. Keamanan Data yang Terpercaya

Kelebihan dari menggunakan server virtual adalah keamanan yang terjamin dan terpercaya. Ini karena data yang tersimpan di dalamnya tidak mudah hancur. Berbeda jika menggunakan hardware maka resiko terkena virus akan tinggi. Fakta yang ada mengatakan bahwa perusahaan yang mempercayakan datanya ke server virtual telah meningkatkan keamanannya tersebut hingga pada angka 94 %.

Yuk, Pindah ke Cloud Server Sekarang Juga!

Tentu saja cloud server amat berguna untuk Anda pribadi atau perusahaan yang sedang Anda bangun. Bagaimana mendapatkannya? Biasanya memang berbayar, tetapi jangan khawatir karena Niagahoster menyediakan paket cloud VPS hosting dengan harga terjangkau. Anda bisa langsung mencobanya dengan mudah!

Leave a Reply

Your email address will not be published.

error: Content is protected !!