Cara Root HP Android

2 min read

cara root hp android dengan mudah

Jika kamu pengguna ponsel Android, tentunya kamu sudah tidak asing lagi dengan istilah root HP kan? Nyatanya, apabila kamu melakukan root HP Android, terdapat keuntungan yang bisa kamu rasakan, walaupun memang ada resiko yang harus kamu perhatikan.

Root memang adalah cara terbaik untuk bisa mengubah, mengedit, serta memodifikasi perangkat yang berjalan di sebuah sistem Android.

Nah! Apakah kamu tertarik untuk root hp Android kamu? Jika benar, disini akan kami bahas kumpulan cara root Android atau cara root HP Android, baik menggunakan PC ataupun tanpa PC.

Bagaimana Cara Root Android dengan PC

cara root hp android tanpa aplikasi

Jika kamu melakukan cara root Android dengan PC jelas memilki tingkat keberhasilan yang tinggi jika dibandingkan dengan yang menggunakan aplikasi yang terinstal di HP saja.

Terdapat beberapa langkah yang lebih advance, hal ini sangat penting sebelum kamu melakukan root HP dengan PC ini. Diantaranya sebagai berikut:

1. Mengaktfkan USB Debugging

Langkah pertama sebelum kamu melakukan root HP Android dengan PC adalah dengan mengaktifkan lebih dulu fitur USB Debuggng. Apa sih fungsi dari fitur ini?

Fitur USB Debugging adalah untuk membangun jembatan penghubung antara perangkat PC dengan Android. Cara untuk mengaktifkannya, ikuti langkah dibawah ini:

  • Pertama, Masuk pada menu Setting > About Phone. Tap pada pilihan Build Number dan tap berulang kali sampai muncul pop-up “you are now a developer”.
  • Kedua, kembal lagi pada menu Setting, kemudian cari menu Developers Option, cari menu USB Debugging dan kemudian aktifkan.
  • Ketiga, Terakhir masuk pada menu Setting lagi, cari pengaturan Security, selanjutnya aktifkan pengaturan Unknown Source.

2. Cara Root Androd dengan Software Rooting Android PC

Jika kamu sudah melakukan pengaktifan USB Debungging, selanjutnya kamu bisa melakukan root HP Android di PC dengan berbagai macam aplikasi root Hp Android yang tersedia. Seperti aplikasi Kingroot, Iroot, OneClick Root dan yang lainnya.

Tentunya aplikasi tersebut menyesuaikan tipe HP milikmu ya guys. Selanjutnya kamu tinggal tunggu prosesnya sampai selesai.

Catatan: Pada saat melakukan root HP dengan PC, pastikan kamu telah menggunakan kabel USB dengan keadaan yang baik dan baterai HP terisi penuh, untuk meminimalisir kegagalan pada saat proses root.

Bagaimana Cara Root Android Tanpa PC

1. Cara Root Android Tanpa PC dengan Kingroot

Kingroot adalah aplikasi yang sangat mudah untuk digunakan dalam proses root, dan juga termasuk aplikasi root Android tanpa PC terbaik sampai saat ini. Ditambah lagi dengan kelebihannya aplikasi ini dapat mendukung lebih dari ratusan tipe HP.

Cara root Android menggunakan Kingroot langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, download terlebih dahulu dan instal Kingroot, atau kamu bisa mendownloadnya disini.
  • Kedua, jika sudah kamu instal dan membukanya tunggu terlebih dulu pemberitahuan apakah metode root dapat dijalankan atau tidak di HP kamu.

fungsi root hp

  • Ketiga, apabila sukses maka akan secara otomatis langsung di root oleh Kingroot. Cukup mudah kan?

“Koneksi Andoidmu lemot? Rekomendasi untuk kamu Cara Mempercepat Koneksi Internet Android

2. Cara Root Android Tanpa PC dengan Kingoroot

Cara kedua root Android tanpa PC kamu bisa mencoba aplikasi Kingoroot. Caranya hampir sama dengan tutorial diatas tadi. Untuk lebih jelasnya simak langkah-langkahnya berikut ini:

  • Pertama, download terlebih dulu aplikasi Kingoroot, atau bisa juga download disini.
  • Kedua, buka aplikasinya dan tinggal tap One Click Root, kemudian tunggu sampai prosesnya selesai.

cara root hp samsung

  • Ketiga, jika sudah selesai, secara otomatis Nadroid kamu langsung di root dan dapat melakukan kostumisasi.

3. Cara Root Android Tanpa PC dengan Framaroot

Jika kamu gagal melakukan root dengan 2 cara diatas, maka kamu bisa melakukannya dengan opsi lain yaitu menggunakan aplikasi Framaroot.

Sebenarnya apikasi Framaroot sendiri fungsinya tidak jauh beda dengan kedua aplikasi diatas. Karena kamu bisa melakukannya hanya dengan sekali tap saja. cara root andoid tanpa PC langkahnya sebagai berikut:

  • Pertama, download dan instal aplikasi Framaroot, atau bisa mendownloadnya disini
  • Kedua, buka aplikasinya dan pilih Instal Superuser atau Supersu, fungsinya sama.

cara root hp xiaomi

  • Ketiga, pilih dengan metode Aragorn atau Gandalf. Lebih disarankan kamu menggunakan metode Gandalf.

cara root android oreo

  • Terakhir, tinggal tunggu proses root di perangkat Androidmu selesai atau sampai muncul notifikasi. Kemudian restart Androidmu untuk menyelesaikan proses root.

Pada umumnya, cara root Android menggunakan aplikasi Framaroot ini lebih banyak yang berhasil pada Android yang memiliki chipset mediatek.

Kelebihan dan Kekurangan Root HP Android

cara root android nougat

Fungsi atau Kelebihan Melakukan Root

  • Dapat untuk menginstall aplikasi tertentu.
  • Mengubah ROM.
  • Menambahkan internal storage dengan memanfaatkan Micro-SD.
  • Mampu memindahkan aplikasi yang tidak bisa dipindahkan ke momori eksternal.
  • Dapat menghapus aplikasi bawaan Android yang tidak bisa dihapus.

Resiko atau Kekurangan Melakukan Root

  • Rawan terhadap virus.
  • Kehilangan garansi (apabila masih ada)
  • Permorma HP menjadi tidak stabil
  • Rentan bootloop, apabila terjadi kesalahan.

Baca Juga:

7 Cara Mempercepat Koneksi Internet Android dengan Mudah

3 Cara Download Video di Line (Tanpa Aplikasi Tambahan)

Demikianlah beberapa cara root Android tanpa PC dan menggunakan PC. Namun dari kami lebih merekomendasikan untuk melakukan proses rooting menggunakan PC, karena lebih aman dan tingkat keberhasilan lebih tinggi.

Cara root HP Android diatas bisa untuk digunakan di berbagai merk smartphone seperti hp samsung, hp xiaomi, hp asus, hp oppo, dan masih banyak yang lainnya.

Jangan lupa share artikel ini ke temen kamu, agar mereka tahu bagaimana cara root Android yang benar, aman dan berhasil. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *