Cara Membuat Histogram di Excel

Cara Membuat Histogram di Excel – Software pengolah angka atau yang biasa disebut dengan Microsoft Excel bisa juga digunakan untuk membuat histogram lho.

Mungkin bagi pengguna Excel sudah tidak asing lagi yang namanya histogram. Histogram adalah grafik yang menggambarkan frekuensi dari suatu data.

Cara membuat histogram di Excel pun dapat dengan mudah dipelajari, sehingga siapapun dapat membuatnya atau mengoprasikannya.

Langsung aja berikut cara membuat histogram di Excel atau membuat grafik distribusi frekuensi data.

Cara Membuat Histogram di Excel

cara membuat histogram data kelompok

Sebelum memulai membuat histogram di Excel, alangkah baiknya kamu mengetahui terlebih dulu pengertian dari histogram. Berikut ini akan saya jelaskan pengertian dari histogram serta cara membuatnya dengan Microsoft Excel 2016:

1. Pengertian Histogram

cara membuat histogram di word 2016Didalam dunia statistika, Histogram adalah salah satu bentuk data grafik yang berupa nilai distribusi frekuensi dari masing-masing kategori. Misalnya, data penduduk Desa A dengan usia 5 tahun ke bawah yang berjumlah 237 orang, 6 – 10 tahun 2.986 orang, dan lain sebagainya.

Data tersebut dapat dibuat menjadi bentuk grafis histogram. Nantinya, data tersebut akan tersusun menjadi beberapa diagram batang, dan masing-masing batang membentuk kategori atau kelas yang ada.

Tinggi dari setiap batang menunjukkan bahwa nilai frekuensinya atau jumlah tertentu dari setiap kelas tersebut.

Dengan adanya histogram ini, memudahkan kita dalam memperoleh informasi, menyimpulkan, serta mengambil keputusan dari seluruh data yang ada.

Hal ini akan sulit dilakukan jika hanya menggunakan data dalam bentuk tabel saja. Dan dapat kita simpulkan bahwa manfaat dari histogram diantaranya:

  • Memberikan data dengan bentuk grafik yang sangat mudah dibaca dan dipahami.
  • Memberikan informasi tambahan berbentuk pola pergerakan distribusi frekuensi dari setiap kelas yang berbeda-beda.
  • Mempermudah dalam memberikan kesimpulan.
  • Sebagai acuan dalam  pengambilan keputusan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Tabel di Word Super Praktis!

2. Menyiapkan Data Histogram di Excel

Cara membuat histogram di Excel pertama yaitu dengan menyiapkan data statistik pada lembar kerja Excel terlebih dulu.

Contohnya yaitu data perolehan nilai Bahasa Inggris dari 20 orang siswa yang terdiri dari kolom nama dan nilai. Kalian bisa melihatnya pada gambar dibawah ini:

Kalian bisa juga menggunakan data lain dengan format seperti diatas, seperti usia penduduk dan juga tinggi badan, nama-nama mahasiswa dan jumlah SKS yang diambil.

3. Langkah-Langkah Membuat Histogram di Excel

Jika data statistik yang akan kamu buat histogram sudah siap, langkah selanjutnya ialah mengolahnya di Excel untuk membentuk diagram batang atau histogram seperti yang kamu inginkan.

Silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, blok seluruh range data pada tabel yang sudah disiapkan di atas tadi.
  • Kemudian, klik menu Insert pada bagian atas.
  • Di menu ribbon Insert, klik Insert Statistic Chart.

cara membuat grafik histogram distribusi frekuensi

  • Di menu ini, kamu bisa memilih jenis grafik yang akan digunakan. Pilih antara Histogram atau Pareto.
  • Jika sudah, selanjutnya beri nama pada grafik tersebut dengan mengubahnya di “Chart Title”. Jika melihat contoh kasus di atas, maka kamu bisa memberi nama “Grafik Perolehan Nilai Bahasa Inggris”.

cara membuat histogram di microsoft excel 2010

Walupun histogram chart sudah muncul dalam worksheet Excel, namun grafik tersebut masih berupa data tunggal jadi belum terbentuk distribusi data. Selanjutnya, kamu bisa menentukan data kelompok yang akan digunakan di grafik histogram tersebut.

Lihat Juga: 4 Cara Menghilangkan Garis di Excel / Menghapus Garis Kolom

4. Menentukan Data Histogram

Di Excel 2016, penentuan data bin dapat dilakukan dengan lebih praktis dibanding versi 2007, 2010, atau 2013. Di versi 2016 ini, kalian bisa menentukan data bin menggunakan Format Selection dengan caraklik dua kali pada sumbu horizontal.

Agar lebih jelas, kamu bisa mengikuti petunjuk berikut ini:

  • Pertama, silakan klik 2x sumbu horizontal pada histogram yang sudah kamu buat sebelumnya.
  • Setelah itu, pilih Axis Option.

cara membuat ogive di excel

  • Selanjutnya, kamu bisa mengubah distribusi data melalui menu Bins yang ada di bagian bawah. Pengaturan default pada Microsoft Excel adalah Automatic. Pada menu Bins ini, kamu bisa memilih salah satu dari 4 pilihan yang ada, yaitu:
  1. By Category : Opsi ini akan membentuk histogram yang terdiri dari sejumlah kategori yang ada. Dalam contoh kasus, nama siswa akan direpresentasikan dalam bentuk diagram batang dengan tinggi batang sesuai dengan nilai yang diperoleh.
  2. Automatic : Pengaturan default pada Microsoft Excel. Biasanya bentuk diagram berupa data tunggal seperti data di dalam tabel.
  3. Bin Width : Opsi ini akan membentuk histogram dengan distribusi data interval. Dengan kata lain, kamu bisa menentukan lebar bin/batang dengan menentukan nilai intervalnya. Nantinya, jumlah bin yang terbentuk akan menyesuaikan.
  4. Number of Bins : Jika kamu ingin menentukan jumlah distribusi data yang terbentuk, maka opsi ini sebaiknya diambil. Kamu bisa menentukan berapa banyak bin/batang yang akan dibuat. Sementara nilai intervalnyaakan menyesuaikan.
  • Langkah berikutnya adalah menentukan Overflow bin dan Underflow bin. Kedua opsi ini adalah opsional saja. Overflow bin dapat mengatur nilai maksimum sumbu horizontal. Sebaliknya, Underflow bin dapat menentukan nilai minimum sumbu horizontal.
  • Selesai. Sekarang histogram sudah bisa kamu buat di lembar kerja Excel sesuai dengan keinginan.

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Comment di Word Paling Mudah

Cara membuat histogram di Excel cukup mudah bukan?Hanya dengan beberapa langkah, diagram batang atau histogram dapat terbentuk di lembar kerja Excel.

Jika kamu ingin menggunakan diagram tersebut di Word 2016 atau di bawahnya, kamu bisa screenshot atau lewat menu Insert.

No Bootable Device

carbon
1 min read

Cara Cek Suhu Laptop

carbon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!