Cara Membuat Barcode

cara membuat barcode sendiri gratis

Cara Membuat Barcode – Berbicara mengenai Barcode tentu sudah familiar sekali dikalangan kita. Mayoritas masyarakat mengetahui barcode hanya sebatas kumpulan pola garis sejajar.

Tapi hal itu memang benar guys, secara garis besarnya Barcode merupakan sebuah pola geometris yang pada umumnya memiliki bentuk garis vertikal. Fungsi dari Barcode itu sendiri guna memindai dan melacak tipe barang.

Barcode  sendiri biasa disebut sebagai Kode Batang. Barcode  juga digunakan untuk berbagai macam jenis keperluan seperti Produksi dan Ritel, Farmasi (diawali tanda+), Non Ritel (buku, kartu anggota dan lainnya).

Seperti yang kita ketahui penggunaan barcode sudah digunakan dimana saja. Semakin canggih perkembangan teknologi, bukan lagi perusahaan saja yang menggunakan layanan barcode tetapi kalian individu pun bisa membuatnya loh.

Jika tahun-tahun lalu kalian membutuhkan alat pembuat kota batang, kini tak perlu lagi guys. Sudah ada banyak jalan tanpa memerlukan alat khusus untuk cara membuat barcode sendiri. Ini dia ulasannya.

Cara Membuat Barcode

1. Cara Membuat Barcode Online

Cara membuat barcode secara online bisa kalian untuk bisnis maupun non bisnis. Apabila kalian gunakan untuk keperluan non bisnis atau untuk inventori pribadi saja. Cara dibawah ini bisa kalian gunakan ya guys:

  • Silakan masuk ke situs BarcodeInc.com
  • Lalu ikuti wizard barcode guna membuat barcode digital Anda.
  • Kemudian atur nama dan nomor seri untuk setiap barang pada situs BarcodeInc guna menghasilkan barcode pribadi.
  • Done! Barcode sudah jadi ya guys.

2. Cara Membuat Barcode melalui Website Barcode Graphic

cara membuat barcode cv

Cara membuat barcode selanjutnya juga dapat menggunakan Barcode Graphic. Situs ini dapat mengubah tulisan menjadi kode bar, selain itu juga dapat mengatur ukuran kode bar.

Situs online Barcode Graphic lebih ditujukan untuk kalian yang membutuhkan pembuatan barcode untuk tujuan bisnis ya guys.

Pada dasarnya penggunaan Barcode Graphic bisa dengan free biaya, namun jika kalian menginginkan barcode dengan resolusi gambar EPS kalian diharusnya untuk melalukan pembayaran.

3. Cara Membuat Barcode dengan Ms. Excel

Menggunakan microsoft Excel juga dapat membuat barcde ya guys. Jangan salah, barcoode buatan Ms. Excel ini juga dapat dicetak dan ditempelkan ke barang kalian. Ikuti langkah berikut untuk cara membuat barcode dengan Ms. Excel:

  • Terlebih dahulu kalian masuk ke link Idautomation.com, lalu klik ‘Font Tools’ tepat di homepage

cara membuat barcode cv

  • Search sub menu ‘Microsoft Office Macros & VBA for Excel, Acces & Word’, pilih tombol merah lalu ‘Download
  • Simpan file yang terdownload tersebut, kemudian buka file dengan nama ‘zip’ yang kemudian diextrak dikomputer kalian.
  • Kemudian buka Ms.Excel, klik menu ‘Tools’ pada toolbar, cari menu ‘Macro’ dan klik ‘ Visul Basic Editor
  • Klik ‘File’, kemudian pilih ‘Import File
  • Buka browser navigasi ID Automation yang sudah terdownload tadi. Cari file dengan nama ‘IDAutomation.bas’ dan klik untuk membuka
  • Lalu file akan ditambakan dalam folter ‘Modules’ yang ada di Excel
  • Silakan keluar dari Editor Visual Basic, kalian masuk kembali ke Workbook baru. Lalu Uji Barcode dengan mengetik nomor di sel A1 dan fungi barcode disel B1.
  • Pada sel B2 bagian barcode kalian ketik “=Code128(A2)” lalu enter
  • Lalu barcode akan tampil pad sel B2.
  • Done! Barcode jadi deh. Meskipun agak ribet, bisa dicoba ya guys.

4. Aplikasi Barcode Generator for Android

cara membuat barcode dengan excel

Cara membuat barcode praktis, kalian juga bisa melalui aplikasi Barcode Generator. Bisa diunduh di playstore diperangkat android kalian ya guys.  Aplikasi yang cukup pintar untuk membuat barcode ini yang dikembangkan oleh Aeiou.

Dalam aplikasi ini, terdapat 11 jenis kode bar yang bisa kalian gunakan sesuai dengan kebutuhan. Baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis juga bisa ya guys.

Berikut langkah yang bisa kalian gunakan :

  • Unduh aplikasi Barcode Generator dan buka.
  • Klik ikon + yang berwarna merah
  • Terdapat menu Scan Code (untuk memindai barcode) dan Add Code (untuk membuat barcode). Plih Add Code.
  • Pilih jenis barcode yang kalian inginkan, misalnya QR Code, Codabar, Code 39, Code 128 dan lainnya.
  • Isi data informasi yang akan kalian masukkan pada barcode, misalnya data teks, email, nomor telepon, nama, harga dan lainnya
  • Apabila sudah pilih ikon ‘Centang’
  • Kemudian Barcode akan tampil pada layar dan ‘Ekspor’

Aplikasi Barcode generator ini mengantongi review yang positif juga dari para usernya. Tentu ini lebih ringkas dibanding dengan menggunakan Ms.Excel dan salah satu aplikasi rekomendasi yang bisa kalian pakai dengan mudah.

Aplikasi yang bisa diunduh selain Barcode Generator adalah Barcode Generator for Free, Barcode Architect, Code39, Barcode Generator and Scaner, dan Advance Barcode Generator.

5. Aplikasi Qrafter for iOS

cara membuat barcode di komputer

Bagi kalian pengguna perangkat Apple iOS, untuk cara membuat barcode kalian daat mengunduh aplikasi Qrafter.

Fungsi aplikasi ini hampir sama dengan Barcode Generator for Android yakni untuk membuat dan mencetar barcode bahkan dapat membuat QR Code.

Aplikasi Qrafter dibuat untuk dapat membuat sekaligus memindai barcode. Hanya dengan kamera perangkat iOS kalian, barcode akan dengan mudah discan melalui aplikasi Qrafter ini.

Nha, bagaimana guys? Cara membuat barcode terasa  susah-susah gampang ternyata. Jika barcode yang kalian buat cukup banyak, kalian bisa menggunakan Ms.Excel ya guys. Meskipun agak ribet diawal namun ringkas dibelakang.

Baca Juga: Cara Mengganti ID Line

Namun apabila hanya beberapa dan untuk keperluan pribadi bisa menggunakan beberapa website diatas atau aplikasi yang dapat diunduh melalui smartphone kalian.

Nah, jangan lupa share artikel cara membuat barcode ini ke teman-teman kalian ya.

Cara Membuat Logo Online

carbon
3 min read

Cara Mengatasi Website Down

carbon
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!