Apa itu teknologi gambar ke teks dan bagaimana cara kerjanya?

2 min read

Teknologi gambar-ke-teks adalah media yang mengubah gambar dengan informasi berharga ke format yang dapat dibaca langsung oleh mesin dan komputer. Dalam bentuk aslinya, gambar hanyalah sekumpulan besar piksel multiwarna untuk mesin. Jadi, kebutuhan akan media seperti itu sangat diperlukan.

Ia juga dikenal sebagai Pengenalan Karakter Optik (OCR). Pada artikel ini, kami akan membantu Anda memahami bagaimana teknologi ini melakukan fungsinya.

Apa itu Teknologi Gambar-ke-Teks?

Ini adalah teknologi yang digunakan untuk mengonversi file yang tidak dapat diedit menjadi format yang dapat diedit. File-file ini dapat mencakup yang berikut:

  • Gambar-gambar
  • File PDF
  • Koran

Teknologi yang mengubah isi daftar di atas ke dalam bentuk teks dikenal dengan teknologi Image to text atau OCR.

Mari kita uraikan konsep ini dengan sebuah contoh. Apa yang akan terjadi jika kita memasukkan gambar berikut ke dalam alat pengenalan karakter optik?

Gambar di atas memiliki sepotong teks di dalamnya. Teknologi gambar-ke-teks akan mengekstrak teks ini dari gambar dan menyajikannya kepada Anda. Hasil yang dihasilkan, dalam hal ini, adalah:

JALAN YANG SULIT MENYUJU TUJUAN YAN INDAH

Hasil ini sekarang dapat diedit sesuka Anda.

Langkah-langkah yang Terlibat dalam Konversi Gambar ke Teks

Teknologi OCR memanfaatkan berbagai strategi dan langkah untuk mengubah gambar menjadi teks. Ini diberikan sebagai berikut.

a.       Langkah-langkah Pra-Pemrosesan

Sebelum mengonversi file dengan format yang tidak dapat diedit ke dalam bentuk teks, teknologi gambar-ke-teks melakukan beberapa modifikasi pada file.

Biasanya, itu mengubah gambar menjadi dokumen pindaian yang hanya terdiri dari karakter hitam dan putih. Demikian pula, itu menyempurnakan segala jenis gangguan atau zat lain yang menyebabkan distorsi untuk membuat karakter terlihat sejelas mungkin. Langkah ini memudahkan teknologi OCR untuk memahami isi file.

Untuk memahami ini dengan lebih baik, mari ambil gambar yang sama yang diberikan di judul sebelumnya dan lihat bagaimana teknologi OCR mengubahnya menjadi dokumen pindaian.

Beginilah cara beberapa alat OCR mengubah gambar menjadi bentuk hitam-putih untuk membedakan karakter dengan jelas.

b.      Pengenalan Karakter

Setelah gambar dalam bentuk pindaian, langkah selanjutnya untuk teknologi ini adalah mengenali karakter alfabet yang ada dalam gambar itu. Ada beberapa cara di mana mesin melakukan ini. Beberapa yang umum adalah:

·         Pengenalan Pola

Proses ini memanfaatkan fenomena yang dikenal sebagai Pembelajaran Mesin. Informasi seperti bentuk karakter alfabet dimasukkan ke dalam alat atau perangkat lunak sedemikian rupa sehingga mereka dapat mengenalinya bahkan ketika itu adalah bagian dari file dengan format yang tidak dapat diedit.

Dengan cara ini, teknologi pengenalan optik menggunakan algoritme berbeda untuk membandingkan karakter dalam gambar dengan abjad dari masing-masing bahasa.

·         Pengenalan Fitur

Jenis pengenalan ini tidak mengenali karakter sebagai entitas yang berbeda, melainkan melihatnya sebagai campuran garis dan bentuk yang berbeda. Itu juga memanfaatkan proses pembelajaran mesin.

Teknologi dengan kemampuan pengenalan fitur lebih berhasil dalam hal mengubah gambar dengan font yang tidak biasa atau konten tulisan tangan menjadi teks.

c.       Langkah Pasca Pemrosesan

Terakhir, semua karakter yang dapat dikenali diubah menjadi bentuk teks. Untuk membuat hasil seakurat mungkin, teknologi OCR diprogram sedemikian rupa sehingga segala jenis karakter yang tidak biasa dilewati dan tidak menjadi bagian dari hasil keluaran akhir.

Alat yang Direkomendasikan untuk Mengonversi Gambar menjadi Teks

Ada berbagai macam alat yang tersedia di internet. Kami akan memberi Anda ringkasan singkat tentang dua alat tersebut. Kami akan memasukkan gambar berikut ke dalam kedua alat dan memberi tahu Anda sifat dari hasil kami.

a.     Editpad

Editpad adalah toolkit online dengan banyak fitur. Ini terutama menyediakan penulisan konten dan alat OCR dan salah satunya adalah Gambar ke teks. Konverter menggunakan teknologi OCR terbaru untuk mengekstrak teks yang dapat dibaca dari gambar.

Inilah cara mengubah gambar yang diberikan di atas ke dalam bentuk teks:

Semua kata dari gambar telah berhasil diubah menjadi teks yang dapat kita salin dengan mengklik tombol di bawahnya.

b.     Imagetotext.info

ini Foto ke teks alat secara eksklusif diprogram untuk layanan OCR. Ini memberikan banyak opsi penyesuaian kepada penggunanya. Alat online ini juga menggunakan teknologi OCR canggih untuk mengekstrak teks yang dapat dibaca dari foto. Saat mengubah gambar di atas menjadi bentuk teks dengan menggunakan alat ini, kami mendapatkan hasil di bawah ini:

Seperti yang Anda lihat, kami mendapatkan hasil yang sama dengan alat sebelumnya, tetapi dalam kasus ini, kami diberi opsi tambahan untuk mengunduh teks sebagai file teks. Jadi, pengonversi foto ke teks ini bisa menjadi alternatif yang baik bagi pengguna yang ingin mendokumentasikan hasilnya.

Ringkasan

Teknologi gambar-ke-teks sangat berguna untuk mendapatkan data dari gambar dan mengubahnya menjadi format yang dapat diedit. Dan jika Anda tertarik untuk menggunakan teknologi ini, Anda dapat mencoba alat yang disebutkan dalam artikel ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!